Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Pembantu Unibraw.

RenyEkaNH (2009) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Pembantu Unibraw. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari lima dimensi, yaitu : Bukti Fisik ( tangible ), Keandalan ( reliability ), Daya Tanggap ( responsiveness ), Jaminan ( assurance ), dan Empati ( empaty ) terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Unibraw. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel terikat (kualitas pelayanan) terhadap variabel bebas (kepuasan nasabah) digunakan analisis regresi dengan metode analisa uji t dan uji F. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Explanatory Research . Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang sudah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 nasabah BRI KCP Unibraw. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling , disebut juga judgement sampling yaitu tipe pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian berupa Uji Validitas, Uji Reabilitas, dan Uji Asumsi Klasik. Uji Hipotesis menggunakan Uji F hitung dan t hitung . Untuk menganalisis data yang digunakan Uji Regresi Linear Berganda dan Uji Asumsi Klasik yaitu uji normalitas, uji multikorealitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel Bukti Fisik (X 1 ), Keandalan (X 2 ), Daya Tanggap (X 3 ), Jaminan (X 4 ) dan Empati (X 5 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan signifikansi 0,000, dengan koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,324 (32,4%). Sedangkan secara parsial, variabel jaminan (X 4 ), dan empati (X 5 ), menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/537/050903169
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2009 11:09
Last Modified: 30 Oct 2009 11:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104429
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item