Balanced Scorecard pada Sektor Publik Sebagai Salah Satu Perwujudan Good Governance. (studi kasus pada dinas PU Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Blitar)

IrafikaMutihaULT (2009) Balanced Scorecard pada Sektor Publik Sebagai Salah Satu Perwujudan Good Governance. (studi kasus pada dinas PU Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Organisasi sektor publik adalah organisasi nirlaba yang diberi mandat oleh seluruh masyarakat untuk menghasilkan dan menyediakan pelayanan publik dalam memenuhi kebutuhan publik. Desentralisasi memberikan kewenangan yang luas bagi organisasi sektor publik (dalam hal ini pemerintah daerah) untuk mengadakan pembangunan di setiap daerahnya. Good governance menjadi citacita bersama dalam pelaksanaan otonomi daerah dan desentralisasi tersebut. Sedangkan Balanced Scorecard menjadi salah satu alat ukur kinerja dalam menentukan tercapainya good governance . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Balanced Scorecard dengan good governance. Selain itu juga, untuk mengetahui bagaimana penerapan Balanced Scorecard pada dinas PU Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Blitar serta mengimplementasikan kinerja dinas PU Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Blitar tahun 2008 pada Balanced Scorecard . Untuk mencapai tujuan tersebut, metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan single case study . Implementasi Balanced Scorecard dinilai berdasarkan empat perspektif yakni perspektif pelanggan (masyarakat), perspektif keuangan, perspektif proses internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum implementasi Balanced Scorecard pada dinas PU Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Blitar sudah cukup baik. Dengan menggunakan software bsc-designer diketahui bahwa perspektif pelanggan mencapai 88,03%, perspektif keuangan 93,35%, perspektif proses internal 92,21%, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran 73,63%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/495/050902920
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Oct 2009 13:38
Last Modified: 22 Oct 2021 10:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104382
[thumbnail of 050902920.pdf]
Preview
Text
050902920.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item