“Implikasi Penerapan Electronic Government pada Pemerintah Kota Malang dalam Upaya Mewujudkan Good Governance (Studi Pada Kantor Pengolahan Data Elektronik Kota Malang)”

MNoorAmrullah (2009) “Implikasi Penerapan Electronic Government pada Pemerintah Kota Malang dalam Upaya Mewujudkan Good Governance (Studi Pada Kantor Pengolahan Data Elektronik Kota Malang)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Electronic Government pada Pemerintah Kota Malang serta dampak yang ditimbulkan akibat penerapan Electronic Government pada Pemerintah Kota Malang dimana penerapan tersebut merupakan sebuah upaya untuk mewujudkan Good Governance . Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Sumber data penelitian ini ialah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data antara lain kepustakaan, documenter, wawancara, dan intuitif subjektif. Data-data yang diperoleh dianalisa dengan metode analisa deskriptif kualitatif. Proses analisa data dalam penelitian ini terdiri dari empat jalur kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kemudian diakhiri dengan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Electronic government dimana merupakan sebuah proses transformasi pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka mewujudkan tata pemerintahan yang baik di Pemerintah Kota Malang sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Adapun pelaksana Electronic Governmnet pada Pemerintah Kota Malang adalah Kantor Pengolahan Data Elektronik. Penerapan Electronic Government di kota Malang dilakukan dengan mengembangkan jaringan infrastruktur “Malang Online ” untuk menciptakan jaringan informasi yang terintegrasi dan terpadu, pengembangan website “Malang Online ” dan aplikasi pengaduan online , dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia yang berkecimpung dalam pengelolaan informasi elektronik di lingkungan Pemerintah Kota Malang. Penerapan Electronic Government menimbulkan dampak pada saat operasionalnya terkait kebutuhan Sumber Daya Manusia yang memadai, perangkat keras dan lunak yang menunjang serta sarana fisik lainnya yang tercukupi. Penerapan Electronic Government merupakan salah satu upaya perwujudan Good Governance oleh Pemerintah Kota Malang. Melalui penerapan e-Government yang optimal dengan didukung oleh sumber daya yang memenuhi dapat semakin meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam penjalanan tata kelola pemerintahan yang baik di Pemerintahan Kota Malang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/49/050900517
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Mar 2009 10:51
Last Modified: 22 Oct 2021 10:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104376
[thumbnail of 050900517.pdf]
Preview
Text
050900517.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item