Analisis Sikap (Attitude), Norma Subjektif (Subjective Norm), dan Niat Perilaku (Behavior Intention) Konsumen Hypermart Malang Town Square (Analisis dengan Menggunakan Theory of Reasoned Action Model)

SandyAndrian (2009) Analisis Sikap (Attitude), Norma Subjektif (Subjective Norm), dan Niat Perilaku (Behavior Intention) Konsumen Hypermart Malang Town Square (Analisis dengan Menggunakan Theory of Reasoned Action Model). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sikap (attitude) menggambarkan penilaian, perasaan dan kecenderungan yang relatif konsisten dari seseorang atas sebuah objek atau gagasan. Selain harus mengetahui sikap konsumen, perusahaan juga harus mengetahui bagaimana lingkungan sosial konsumen atau norma subjektif (subjective norm) dapat mempengaruhi pembelian konsumen. Dengan menggunakan Theory Of Reasoned Action Model, maka sikap dan norma subjektif konsumen akan menghasilkan niat perilaku konsumen (behavior intention) . Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana sikap terhadap perilaku (attitude toward behavior) , norma subjektif (subjective norm) dan niat perilaku konsumen (behavior intention) Hypermart Malang Town Square dengan menggunakan Theory Of Reasoned Action Model . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Hypermart Malang Town Square yang berkunjung dan melakukan pembelian pada saat penelitian dilakukan, dari populasi tersebut berdasarkan rumus Budiyuwono diambil sampel sebanyak 100 orang dengan menggunakan accidental sampling yang merupakan non probability sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Metode analisis yang digunakan dengan menggunakan statistik deskriptif, distribusi frekuensi, analisis regresi linier berganda melalui program SPSS 13 untuk mendapatkan bobot w, dan Theory Of Reasoned Action Model yang merupakan rumus untuk mendapatkan nilai sikap terhadap perilaku (attitude toward behavior) , norma subjektif (subjective norm) , dan niat perilaku konsumen (behavior intention) , disamping itu juga dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinieritas, guna mendapatkan hasil yang tidak bias. Dari hasil analisis, dapat diketahui bahwa konsumen memiliki sikap terhadap perilaku (attitude toward behavior) yang positif (lebih besar dari nol) yaitu sebesar (+) 7666 dengan nilai sikap yang terbesar adalah atribut keamanan yang mempengaruhi sebesar (+) 6,14, nilai norma subjektif (subjective norm) yang positif sebesar (+) 415 dengan nilai rata-rata pengaruh keluarga yang paling besar, nilai niat perilaku yang juga positif yaitu sebesar (+) 3424,292 dan rata-rata sebesar (+) 34,24292 menunjukkan bahwa secara keseluruhan konsumen mempunyai niat perilaku yang positif terhadap Hypermart Malang Town Square.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/489/050902914
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Oct 2009 09:59
Last Modified: 22 Oct 2021 10:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104375
[thumbnail of 050902914.pdf]
Preview
Text
050902914.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item