Pengaruh Partisipasi Pemakai dan Penguasaan Teknologi Informasi Pemakai Terhadap Kepuasan Pemakai dengan Tigs Variabel Moderating (Studi Kasus pada Pemerintah Kabupaten Malang)

TriPuspitaHandayani (2009) Pengaruh Partisipasi Pemakai dan Penguasaan Teknologi Informasi Pemakai Terhadap Kepuasan Pemakai dengan Tigs Variabel Moderating (Studi Kasus pada Pemerintah Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh partisipasi pemakai dan penguasaan teknologi informasi pemakai terhadap kepuasan pemakai serta mencari pengaruh tiga moderating variable –kebijakan organisasi, kompleksitas sistem, minat pemanfaatan sistem informasi- pada pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dan pada pengaruh penguasaan teknologi informasi pemakai terhadap kepuasan pemakai sistem informasi. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan ketidakkonsistenan hasil penelitian sehingga topik ini masih menjadi bahasan yang menarik untuk diteliti lebih lanjut. Penelitian ini berdasarkan hasil uji terhadap 81 responden pada organisasi pemerintah yang menggunakan sistem informasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa partisipasi pemakai secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pemakai, kondisi seperti ini juga dapat terjadi pada penguasaan teknologi informasi pemakai secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pemakai. Selanjutnya, tiga variabel yang diuji dalam penelitian ini terbukti memiliki peranan yang penting pada hubungan tersebut. Kompleksitas sistem, dan kebijakan organsasi terbukti secara signifikan menjadi quasi moderator pada pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai. Sedangkan minat pemanfaatan sistem informasi menjadi independent predictor terhadap kepuasan pemakai. Namun, pada variabel independen penguasaan teknologi informasi pemakai terhadap kepuasan pemakai, secara signifikan ketiga variabel tersebut menjadi quasi moderator . Implikasi dari penelitian ini relevan pada para pengembang sistem dan para akademisi untuk mencoba menjelaskan bagaimana, kapan, dimana, dan mengapa partisipasi pemakai dalam pengembangan sistem informasi diperlukan. Hasil penelitian ini membantu menjelaskan pengaruh partisipasi pemakai dan penguasaan teknologi informasi pemakai terhadap kepuasan pemakai pada keadaan dan kondisi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/465/050902802
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Oct 2009 15:09
Last Modified: 22 Oct 2021 09:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104349
[thumbnail of Bab_1_-_5.pdf]
Preview
Text
Bab_1_-_5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item