Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Kualitas Audit Terhadap Earnings Management (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia).

AdityaNugraha (2009) Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Kualitas Audit Terhadap Earnings Management (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme corporate governance (yang terdiri dari keberadaan komite audit, proporsi komisaris independen dan kepemilikan institusional) dan kualitas audit terhadap earnings management . Earnings management diukur dengan menggunakan discretionary accrual . Penelitian ini juga menggunakan dua buah variabel kontrol, yaitu: ukuran perusahaan dan leverage perusahaan. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 210 menufaktur perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada periode 2003-2007, yang diperoleh melalui metode pusposive sampling . Hasil pengujian dengan menggunakan uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa keberadaan komite audit, proporsi komisaris independen, kepemilikan institusional, kualitas audit, ukuran perusahaan dan leverage perusahaan berpengaruh terhadap earnings management . Secara parsial, keberadaan komite audit tidak berpengaruh terhadap earnings management , proporsi komisaris independen berpengaruh negatif terhadap earnings management , kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap earnings management , kualitas audit berpengaruh negatif terhadap earnings management , ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap earnings management dan leverage perusahaan berpengaruh negatif terhadap earnings management .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/462/050902705
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Nov 2009 12:21
Last Modified: 22 Oct 2021 09:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104347
[thumbnail of 050902705.pdf]
Preview
Text
050902705.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item