Pengaruh Ekuitas Merek terhadap kepuasan konsumen (Studi pada Harley Davidson Club Indonesia Jawa Timur dan Bali)

DiniKartikasari (2009) Pengaruh Ekuitas Merek terhadap kepuasan konsumen (Studi pada Harley Davidson Club Indonesia Jawa Timur dan Bali). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sepeda motor adalah jenis produk yang memiliki sensasi yang berbeda jika dikendarai. Seorang pengendara motor memiliki kecenderungan untuk mengendarai satu jenis motor atau memiliki loyalitas terhadap produk. Dengan adanya kecenderungan seperti itu, maka tidaklah mudah bagi suatu produk motor agar dapat menguasai pangsa pasar produk motor lain. Keadaan semacam ini membuat para produsen merancang strategi pemasaran yang lebih baik dengan salah satu caranya ialah membentuk ekuitas merek yang kuat. Ekuitas merek adalah asset tidak terlihat perusahaan yang bisa memberi nilai positif ataupun negatif baik bagi produsen maupun konsumen. Ekuitas merek terdiri atas performa, nilai, citra sosial, kepercayaan dan keterikatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ekuitas merek yang terdiri dari performa, nilai, citra sosial, kepercayaan, dan keterikatan baik secara simultan maupun secara parsial serta mengetahui variabel mana yang berpengaruh secara dominan. Jenis penelitian ini adalah eplanatory research, yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel – variabel melalui pengujian hipotesa. Sampel penelitian ini adalah 100 responden yang terdaftar sebagai anggota aktif Harley Davidson Club Indonesia Jawa Timur dan Bali. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, seluruh variabel berpengaruh secara signifikan. Tetapi secara parsial, variabel performa dan keterikatan tidak berpengaruh signifikan. Performa tidak signifikan karena rata – rata konsumen HD membeli karena hobi, tidak untuk dipakai, sehingga tidak mempermasalahkan performa motor. Sedangkan keterikatan tidak signifikan karena kesibukkan masing – masing sehingga kurangnya keterikatan antara konsumen dengan konsumen maupun konsumen dengan perusahaan. Variabel paling dominan dalam penelitian ini adalah nilai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/442/050902684
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Sep 2009 09:01
Last Modified: 22 Oct 2021 09:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104326
[thumbnail of 050902684.pdf]
Preview
Text
050902684.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item