Pengaruh Mekanisme Internal Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba dan Kualitas Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2004-2007 ).

MartinAnggiat (2009) Pengaruh Mekanisme Internal Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba dan Kualitas Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2004-2007 ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manajemen laba merupakan campur tangan pihak manajemen mengelola pandapatan (laba) pada proses pelaporan keuangan eksternal sebagai upaya untuk memperoleh keuntungan tertentu. Manajemen laba sangat berkaitan dengan perilaku manajer. Penyebab dari manajemen laba adalah adanya asymmetric information sebagai akibat dari masalah agensi. Kualitas laba adalah kemampuan informasi laba memberikan respon kepada pasar. Kualitas laba ini dapat dilihat dari korelasi antara arus kas dan pendapatan yang dimiliki perusahaan. Kualitas laba ini sangat bergantung adanya tindakan dari manajemen, termasuk tindakan manajer dalam melakukan praktik manajemen laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme internal corporate governance (yang diwakili oleh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, dan keberadaan komite audit) terhadap manajemen laba serta pengaruh mekanisme internal corporate governance (yang diwakili oleh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, dan keberadaan komite audit) dan manajemen laba terhadap kualitas laba. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan data dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan sampel sebanyak 37 perusahaan untuk periode 2004–2007. Berdasarkan hasil pengujian, ditemukan bahwa mekanisme internal corporate governance (yang diwakili oleh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, dan keberadaan komite audit) berpengaruh secara simultan terhadap manajemen laba serta mekanisme internal corporate governance dan manajemen laba berpengaruh secara simultan terhadap kualitas laba.Variabel kepemilikan manajerial dan keberadaan komite audit berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba dan kualitas laba, sedangkan kepemilikan institusional dan komisaris independen berpengaruh secara tidak signifikan terhadap manajemen laba dan kualitas laba. Manajemen laba juga berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/436/050902650
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Sep 2009 11:19
Last Modified: 22 Oct 2021 09:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104319
[thumbnail of 050902650.pdf]
Preview
Text
050902650.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item