Pengaruh Dimensi Kualitas Produk terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pengembang PT. Araya Bumi Megah Malang

RizkyKurniawanM (2009) Pengaruh Dimensi Kualitas Produk terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pengembang PT. Araya Bumi Megah Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1).Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan Dimensi Kualitas Produk ( Performance Produk, Feature, Reliabilitas, Konformasi, Daya Tahan, Serviceability, Estetika, dan Perceived quality ) terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pengembang PT. Araya Bumi Megah Malang.(2).Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial Dimensi Kualitas Produk ( Performance Produk, Feature, Reliabilitas, Konformasi, Daya Tahan, Serviceability, Estetika, dan Perceived quality ) terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pengembang PT. Araya Bumi Megah Malang.(3).Untuk mengetahui dan menganalisis Dimensi Kualitas Produk ( Performance Produk, Feature, Reliabilitas, Konformasi, Daya Tahan, Serviceability, Estetika, dan Perceived quality ) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pengembang PT. Araya Bumi Megah Malang. Ruang lingkup penelitian ini termasuk dalam lingkup perilaku konsumen, dimana bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas produk terhadap tingkat kepuasan konsumen pada pengembang PT. Araya Bumi Megah Malang. Menurut David A, Garvin dalam Tjiptono (2008:68), terdapat delapan dimensi kualitas produk, yaitu : Performance (kinerja), Features (fitur), Reliability , Conformance , Durability (daya tahan), Serviceability , Aesthetics (estetika), dan Perceived quality (persepsi terhadap kualitas. Dalam penelitian ini, kedelapan dimensi tersebut dipilih sebagai variabel penelitian, hal ini dikarenakan kedelapan dimensi tersebut dianggap relevan dengan penelitian ini. Teknik pengambilan sampling yang dilakukan adalah Accidental Sampling dengan jumlah responden sebanyak 90 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, menggunakan uji F dan uji t, selain itu juga digunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji Multikolinearitas, uji Heterokodatisitas dan uji normalitas. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah secara simultan variabel dimensi kualias produk ( Performance Produk, Feature, Reliabilitas, Konformasi, Daya Tahan, Serviceability, Estetika, dan Perceived quality ) memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen, hal ini ditunjukan oleh besarnya F hitung sebesar 34,469 dan tingkat signifikansi 0,001. Secara parsial variabel dimensi kualitas produk yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen adalah variabel konformasi (kesesuaian) dengan nilai t hitung sebesar 3,748 dan signifikansi sebesar 0,000. Variabel serviceability dengan nilai t hitung sebesar 3,948 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Variabel persepsi terhadap kualitas dengan nilai t hitung sebesar 3,654 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Variabel-variabel lain dalam penelitian ini ( performance, feature, reliability, durability, dan aesthetic ) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen karena memiliki nilai t kitung lebih besar dari 2 dan nilai signifikansi lebih besar dari 0,005. Sedangkan untuk variabel yang berpengaruh dominan terhadap tingkat kepuasan konsumen adalah serviceability yang meiliki koefisien beta terstandarisasi terbesar yaitu 0,320. Sedangkan untuk uji asumsi klasik menunjukan bahwa penelitian ini bebas mulitikolinearitas, bebas heterokodatisitas dan memiliki distribusi normal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/431/050902645
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Sep 2009 11:56
Last Modified: 22 Oct 2021 09:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104314
[thumbnail of 050902645.pdf]
Preview
Text
050902645.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item