Isolasi Dan Identifikasi Bakteri Penghasil Enzim Gelatinase Dari Sedimen Pantai Jabon Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur

Sidabutar, Susi Ramayana (2018) Isolasi Dan Identifikasi Bakteri Penghasil Enzim Gelatinase Dari Sedimen Pantai Jabon Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Enzim gelatinase merupakan sejenis kelompok enzim protease metalloproteinase yang mampu menghidrolisis gelatin. Enzim gelatinase berfungsi untuk mendegradasi gelatin menjadi hidrolisat gelatin. Mikroorganisme saat ini sering dilaporkan, namun sebagian besar hanya yang berasal dari daratan, sedangkan yang dari kelautan masih beberapa saja. Bakteri memiliki kemampuan untuk menghasilkan suatu zat yang spesifik dalam menguraikan suatu senyawa, yaitu enzim. Bakteri gelatinolitik adalah bakteri yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan enzim gelatinase. Beberapa contoh bakteri gelatinolitik yaitu Clostridium, Peptococcus, Streptococcus, Bacillus, Micrococcus, Chromobacterium. Sumber enzim gelatinase diisolasi dari mikroorganisme yaitu bakteri yang diambil dari sedimen Pantai Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Sentral Ilmu Hayati Universitas Brawijaya (LSIH UB), Laboratorium Keamanan Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, dan Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bakteri yang mampu menghasilkan enzim gelatinase, serta untuk mengetahui nama spesies bakteri tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksploratif yang dilakukan melalui dua tahapan. Penelitian ini diawali dengan isolasi bakteri, skrining bakteri penghasil enzim gelatinase, dan penelitian tahap kedua yaitu identifikasi bakteri melalui pewarnaan gram dan uji Microbact System. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah diperoleh sebanyak 2 isolat dari sedimen, dan kedua isolat tersebut menunjukkan dapat menghasilkan enzim gelatinase, namun hanya 1 isolat yang memiliki aktivitas enzim yang tinggi yang dilakukan penelitian lebih lanjut yaitu sampel SDA 10-5B. Bahwa bakteri dari sedimen Pantai Jabon, dapat menghasilkan enzim gelatinase. Bakteri ini dikatakan positif (+) gelatinase apabila media gelatin yang sudah dimasukkan ke dalam lemari es selama 30 menit tetap mencair. Bakteri ini termasuk ke dalam bakteri gram positif sehingga mengunakan uji microbact 24E dan termasuk ke dalam genus Bacillus, nama spesiesnya Bacillus subtilis.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/5/051801877
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.5 Ecology of miscellaneous environments > 577.51 Coastal Ecology
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 May 2018 01:32
Last Modified: 07 Dec 2021 06:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10431
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (525kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (634kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (417kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (524kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (178kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item