Analisa Akuntasi Pertanggungjawaban Sosial Dan Lingkungan pada Perusahaan yang Listing di BEI (Studi Kualitatif dengan Menggunakan Teknik Content Analysis).

MelatiOktavia (2009) Analisa Akuntasi Pertanggungjawaban Sosial Dan Lingkungan pada Perusahaan yang Listing di BEI (Studi Kualitatif dengan Menggunakan Teknik Content Analysis). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akuntansi pertanggungjawaban sosial adalah wujud kepekaan dan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sosialnya yang lebih dari sekedar suatu kewajiban moral yang selama ini berlaku di masyarakat. Munculnya akuntansi sosial tidak terlepas dari kesadaran perusahaan terhadap kepentingan lain selain untuk memaksimalkan laba bagi perusahaan. Perusahaan menyadari bahwa mereka bersinggungan dengan berbagai masalah sosial, sehingga perusahaan mulai memperhatikan hubungan dengan lingkungan sosial. Namun dalam penerapannya akuntansi pertanggungjawaban sosial dan lingkungan mengalami berbagai kendala, terutama dalam masalah pengukuran elemen-elemen sosial dalam rangka penyajiannya di laporan keuangan yang bersifat kuantitatif dan karena tidak semua elemen sosial dapat diukur dengan satuan uang serta belum terdapatnya standar akuntansi yang baku untuk pelaporan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bentuk akuntansi pertanggungjawaban sosial dan lingkungan pada perusahaan serta bagaimana penerapan akuntansi pertanggungjawaban sosial dan lingkungan masuk dalam laporan tahunan 2007 pada perusahaan food and beverage yang listing di BEI. Penelitian ini menggunakan teknik content analysis terhadap laporan tahunan dan analisa kualitatif sebagai sebuah metode analisa data. Perusahaan-perusahaan food and beverage mengakui akan pentingnya akuntansi pertanggungjawaban sosial dan lingkungan – sebagai faktor tak berwujud yang memiliki pengaruh sebagai keunggulan kompetitif dalam mengarungi roda kompetisi di tahun 2007. Dari ke-20 perusahaan sample, 85% mengungkapkan komponen pertanggungjawaban sosial dan lingkungan secara implisit dan 15% mengungkapkan secara eksplisit . Masih banyaknya perusahaan yang tidak melaporkan Akuntansi Pertanggungjawaban Sosial dan Lingkungan sebagai laporan tambahan dalam laporan tahunan karena hal tersebut dianggap sukarela.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/426/050902640
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Oct 2009 09:30
Last Modified: 22 Oct 2021 09:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104309
[thumbnail of 050902640.pdf]
Preview
Text
050902640.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item