Pengaruh Investasi di Sektor Industri Kecil dan Sektor Industri Menengah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kota Samarinda”.

SofiaUlfaEkaHadiyanti (2009) Pengaruh Investasi di Sektor Industri Kecil dan Sektor Industri Menengah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kota Samarinda”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Investasi sebagai variabel yang mempengaruhi perekonomian secara keseluruhan terutama dalam hal menciptakan kesempatan kerja dimana perluasan kesempatan kerja merupakan salah satu masalah utama dalam pembangunan, baik pada masa lampau maupun saat ini. Industri kecil dan menengah mampu bertahan di saat krisis ditengah banyaknya industri-industri yang gulung tikar. Peranan Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam perekonomian Indonesia pada dasarnya sudah besar sejak dulu. Namun demikian sejak krisis ekonomi melanda Indonesia, peranan IKM meningkat dengan tajam. Selain itu juga Industri Kecil dan Menengah mampu membantu memperluas lapangan pekerjaan dan kesempatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh investasi di sektor industri kecil dan sektor industri menengah terhadap penyerapan tenaga kerja, dan untuk mengetahui investasi yang lebih dominan dalam penyerapan tenaga kerja di Kota Samarinda tahun 2004 sampai tahun 2008. Penelitian ini merupakan penelitian explanotary (penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa nilai investasi yang ditanamkan di sektor Industri Kecil dan Industri Menengah, jumlah tenaga kerja yang terserap di sektor Industri Kecil dan Industri Menengah yang disajikan dalam bentuk time series. Data diperoleh dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Samarinda, Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda, dan Badan Pusat Statistik Kota Samarinda. Data di analisis dengan menggunakan alat regresi linier berganda yang kemudian dirumuskan kembali dalam suatu model estimasi regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa investasi di sektor industri kecil dan sektor industri menengah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Kota Samarinda. Dan setelah dilakukan perhitungan parsial investasi di sektor industri menengah memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap penyerapan tenaga kerja dibandingkan investasi di sektor industri kecil di Kota Samarinda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/424/050902638
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Oct 2009 10:48
Last Modified: 22 Oct 2021 09:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104307
[thumbnail of 050902638.pdf]
Preview
Text
050902638.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item