Pengaruh Kompensasi Finansial dan Non Finansial Terhadap Kinerja karyawan (Studi Kasus Pada PT Semen Gresik (Persero) Tbk Pabrik Tuban).

AnikNurdiana (2009) Pengaruh Kompensasi Finansial dan Non Finansial Terhadap Kinerja karyawan (Studi Kasus Pada PT Semen Gresik (Persero) Tbk Pabrik Tuban). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kompensasi finansial dan non finansial terhadap kinerja karyawan PT Semen Gresik (Persero) Tbk pabrik Tuban. Di samping itu, tujuan lain yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh signifikan antara variabel gaji, bonus, tunjangan, promosi, lingkungan kerja dan apakah variabel gaji merupakan variabel yang paling dominan dalam mendorong kinerja Karyawan dibandingkan dengan variabel-variabel lainnya yang terdiri dari bonus, tunjangan, promosi dan lingkungan kerja. Tujuan dari penelitian ini berangkat dari kesadaran mengenai pentingnya unsur manusia dalam pencapaian tujuan organisasi dan upaya untuk meningktakan kinerja para karyawan dengan memberikan kompensasi secara tepat. Untuk mengetahui pengaruh kompensasi finansial dan non finansial terhadap kinerja karyawan pada PT Semen Gresik (Persero) Tbk, maka dalam penelitian ini digunakan analisis regresi berganda metode OLS (Ordinary Least Squares), dengan variabel dependennya adalah Kinerja Karyawan, dan variabel independennya terdiri dari gaji, bonus, tunjangan, promosi dan lingkungan kerja. Sedangkan untuk mengetahui apakah variabel gaji merupakan variabel yang paling dominan dalam mendorong kinerja karyawan PT Semen Gresik (Persero) Tbk. Pabrik Tuban dibandingkan dengan variabel-variabel lainnya, adalah dengan melihat nilai koefisien β dari masing-masing variabel independen. Dari pengolahan data dengan menggunakan analisis regresi berganda memberikan hasil bahwa semua variabel independen yang dimasukan ke dalam model, secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen sedangkan secara parsial hanya variabel bonus yang berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen hal ini menjelaskan bahwa dengan adanya bonus yang diberikan perusahaan dapat meningkatkan kinerja karyawan maka bonus yang diterapkan pada perusahaan tersebut harus dipertahankan untuk meningkatkan kinerja karyawan tersebut. Dilihat dari nilai koefisien β dapat disimpulkan bahwa variabel gaji bukan merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi kinerja karyawan PT Semen Gresik (Persero) Tbk. Melainkan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi kinerja karyawan PT Semen Gresik (Persero) Tbk adalah variabel lingkungan kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/401/050902549
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Sep 2009 09:39
Last Modified: 22 Oct 2021 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104282
[thumbnail of 050902549.pdf]
Preview
Text
050902549.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item