Analisa Dasar Penetapan Nisbah Bagi Hasil Pembiayaan Musyarakah pada Bank Syariah (Studi Kasus pada PT. BRI (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Malang).

UnangSuryono (2009) Analisa Dasar Penetapan Nisbah Bagi Hasil Pembiayaan Musyarakah pada Bank Syariah (Studi Kasus pada PT. BRI (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar penetapan nisbah bagi hasil pembiayaan musyarakah pada PT. BRI (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Malang. Penelitian ini adalah deskriptif studi kasus yang dilakukan dengan cara wawancara langsung kepada manajemen khususnya pada bagian pembiayaan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui beberapa hal yang dipertimbangkan oleh PT. BRI (Persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah Malang dalam penentuan nisbah bagi hasil atas pembiayaan musyarakah . Secara umum penetapan nisbah bagi hasil pembiayaan musyarakah telah mematuhi peraturan yang telah ditetapkan dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional dengan mengedepankan prinsip syariah yaitu keadilan, ketepatan dan kesejahteraan. Ada beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam penentuan nisbah bagi hasil atas pembiayaan musyarakah diantaranya adalah marjin laba yang dikehendaki bank, jumlah nominal pembiayaan, jangka waktu pembiayaan, kemampuan angsuran nasabah, situasi persaingan pasar, risiko yang dialami bank, dan reputasi nasabah. Dari beberapa faktor tersebut, faktor yang paling dipertimbangkan bank dalam penentuan nisbah bagi hasil atas pembiayaan musyarakah adalah marjin laba yang dikehendaki bank.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/373/050902406
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Sep 2009 09:54
Last Modified: 22 Oct 2021 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104252
[thumbnail of 050902406.pdf]
Preview
Text
050902406.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item