Pengaruh Tanggungjawab Sosial dan Struktur Kepemilikan Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia)

MuhamadReoFirmanNatpodo (2009) Pengaruh Tanggungjawab Sosial dan Struktur Kepemilikan Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tanggungjawab sosial dan struktur kepemilikan, yang terdiri dari kepemilikan manajerial dan kepemilikan institutional terhadap kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan diukur dengan menggunakan Return On Equity. Pada penelitian ini juga menggunakan tiga buah variabel independen kontrol, yaitu: leverage, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 62 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2006-2007, yang diperoleh melalui metode simple random sampling . Hasil pengujian dengan menggunakan uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa tanggungjawab sosial, kepemilikan manajerial, kepemilikan institutional, leverage, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Secara parsial, tanggungjawab sosial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan, kepemilikan manajerial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan, sedangkan kepemilikan institutional berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan. Leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/366/050902399
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Sep 2009 13:44
Last Modified: 22 Oct 2021 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104244
[thumbnail of 050902399.pdf]
Preview
Text
050902399.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item