Pengaruh Rasio Camel Terhadap Praktik Manajemen Laba di Bank Syari'ah (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BI).

DyahMustikaningtyas (2009) Pengaruh Rasio Camel Terhadap Praktik Manajemen Laba di Bank Syari'ah (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indikasi praktik manajemen laba pada bank syari’ah dan pengaruh rasio CAMEL terhadap praktik manajemen laba. Proksi yang digunakan dalam manajemen laba adalah Akrual Diskresioner (AD). Proksi yang digunakan dalam rasio CAMEL antara lain : Capital Adequancy Ratio (CAR), Return On Risked Assets(RORA), Return On Assets (ROA), Net Profit Margin (NPM), Loan to Deposit Ratio (LDR) . Sampel pada penelitian ini terdiri dari 18 Bank Syari’ah, terdiri dari 3 Bank Umum Syari’ah dan 15 Unit Usaha Syari’ah yang terdaftar di BI selama tahun 2005-2006. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji pengaruh rasio CAMEL terhadap praktik manajemen laba pada Bank Syari’ah. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat indikasi praktik manajemen laba pada Bank Syari’ah. Hasil pengujian dengan menggunakan rasio CAR dan LDR menunjukkan korelasi positif tetapi tidak signifikan. Hal ini disebabkan oleh pemenuhan batasan minimum rasio CAR yang merupakan kewajiban dari BUS namun bukan kewajiban UUS yang berstatus cabang dari bank induk konvensional, sehingga UUS tidak termotivasi untuk melakukan manajemen laba untuk mencapai nilai CAR tertentu dan UUS merupakan mayoritas sampel (84%), sedangkan orientasi utama dari rasio LDR adalah untuk meningkatkan pendapatan sebagai penilaian utama kinerja bank, bukan untuk memenuhi kecukupan rasio LDR yang ditetapkan BI untuk tingkat bank. Hal ini membuat rasio LDR tidak memotivasi manajemen untuk melakukan praktik manajemen laba. Hasil pengujian menggunakan rasio RORA, ROA, dan NPM menunjukkan korelasi negatif dan signifikan, yang berarti bahwa rasio RORA, ROA, dan NPM yang rendah akan lebih memotivasi bank untuk melakukan manajemen laba dengan cara meningkatkan laba.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/342/050900120
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Nov 2009 10:05
Last Modified: 22 Oct 2021 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104218
[thumbnail of 050902291.pdf]
Preview
Text
050902291.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item