Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Bunga Krisan pada KLANTUM di Desa Hargobinangun Yogyakarta.

EcoFemiandini (2009) Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Bunga Krisan pada KLANTUM di Desa Hargobinangun Yogyakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelompok tani bunga Krisan di Desa Hargobinangun ini merupakan wujud pelaksanaan program pemerintah yaitu PRIMA TANI (Program Rintisan dan Akselerasi Pemasyarakan Inovasi Teknologi Pertanian) dibawah pengawasan BPTP (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian) Yogyakarta. KLANTUM mempunyai wilayah pemasaran yang cukup luas dengan permintaan dan penawaran pasar yang cukup tinggi, serta mutu yang tidak kalah dibandingkan dengan bunga Krisan di daerah lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui margin pemasaran yang diterima petani dan lembaga-lembaga pemasaran yang terlibat dalam kegiatan pemasaran bunga Krisan di KLANTUM, mengetahui tingkat efisiensi harga bunga Krisan melalui analisis pendekatan efisiensi harga, dan mengetahui tingkat efisiensi operasional pemasaran bunga Krisan melalui analisis pendekatan operasional. Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah margin pemasaran yang diterima petani dan lembaga-lembaga pemasarannya serta efisiensi harga dan efisiensi operasional yang diduga masih belum tercapai. Hasil dari penelitian ini diketahui margin pemasaran yang sudah mencapai tingkat efisiensi serta efisiensi harga dan efisiensi operasional pada lembaga pemasaran bunga Krisan relatif tidak efisien. Hal ini disebabkan terdapat fungsi pemasaran yang dilakukan lembaga pemasaran yang tidak efisien. Implikasi kebijakan dari efisiensi pemasaran yaitu merajuk pada beberapa pertimbangan penting dari segi margin pemasaran, farmer’s share , efisiensi harga, dan efisiensi operasional. Harapan untuk Usaha Kelompok Tani UDI MAKMUR dapat memperbaiki sistem pemasarannya dalam menjalankan fungsi pemasaran baik dari perluasan pasar, pesediaan dan penyimpanan bunga Krisan, pengemasan dan distribusi, efisiensi harga dan efisiensi operasional yang baik, maka KLANTUM dapat melakukan kegiatan pemasaran lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/335/050902199
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2009 11:07
Last Modified: 22 Oct 2021 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104211
[thumbnail of 050902199.pdf]
Preview
Text
050902199.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item