Gambaran Kecemasan Dan Mekanisme Pertahanan Diri Tokoh Utama Dalam Film Yves Saint Laurent Karya Sutradara Jalil Lespert: Kajian Psikologis

Arifah, Nurul (2017) Gambaran Kecemasan Dan Mekanisme Pertahanan Diri Tokoh Utama Dalam Film Yves Saint Laurent Karya Sutradara Jalil Lespert: Kajian Psikologis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Film Yves Saint Laurent adalah film biografi yang menceritakan kehidupan pribadi Yves sebagai perancang busana ternama di Prancis. Hal yang mendominasi dalam film ini adalah kondisi kejiwaan tokoh utama yang kerap kali mengalami kecemasan dan konflik selama perjalanan karirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecemasan dan mekanisme pertahanan diri yang dialami tokoh utama dengan menggunakan pendekatan psikologis dan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori kecemasan oleh Sigmund Freud (1933), teori klasifikasi tingkat kecemasan oleh Stuard dan Sundeen (1998), dan teori mekanisme pertahanan diri oleh Sigmud Freud (1933). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kecemasan yang mendominasi Yves Saint Laurent adalah kecemasan objektif yang berhubungan dengan rasa takut terhadap ancaman atau bahaya nyata yang yang dikarenakan tuntutan pekerjaan, dua kecemasan lainnya juga dialami oleh Yves dari tingkat ringan hingga panik. Di antara sembilan mekanisme pertahanan diri yang telah disebutkan oleh Freud, Yves melakukan enam jenis pertahanan diri, yaitu fiksasi, regresi, pemindahan objek, rasionalisasi, pembentukan reaksi, dan sublimasi. Saran untuk penelitian selanjutnya yang juga ingin meneliti kondisi psikologis tokoh utama dalam film Yves Saint Laurent adalah agar menggunakan film Yves Saint Laurent tahun 2015 yang disutradarai oleh Bertrand Bonello karena film kedua ini menceritakan kisah yang sama namun disajikan dalam nuansa berbeda, selain itu film ini juga belum banyak diteliti.

English Abstract

Yves Saint Laurent est un film biographique qui raconte la vie personnelle d’Yves en tant que créateur de mode renommé en France. Les aspects dominants dans ce film est l’état psychologique du personnage principal qui a souvent expérimenté l’anxiété et le conflit au cours de sa carrière. Cette étude vise à décrire les anxiétés et les mécanismes des auto-défenses du personnage principal en utilisant l’approche psychologique et la méthode descriptive qualitative. Les théories utilisées sont la théorie de l’anxiété de Sigmund Freud (1933), la classification des niveaux d’anxiété par Stuart et Sundeen (1998) et le mécanisme des auto-défenses de Sigmund Freud (1933). Les résultats de cette étude indiquent que le type d’anxiété qui domine Yves Saint Laurent est l’anxiété objectif associée la peur de la menace ou du danger réel en raison des exigences du travail. Deux autres anxiétés aussi expérimentés par Yves du niveau légère au niveau panique. Parmi les neuf mécanismes des auto-défenses mentionnés par Freud, Yves exécute six types de mécanismes des auto-défenses, ce sont la fixation, la régression, le déplacement d’objet, la rationalisation, la formation de réaction, et la sublimation. Les suggestions pour des autres chercheurs qui veulent aussi analyser l’état psychologique du personnage principal dans le film Yves Saint Laurent, c’est d’utiliser le film Yves Saint Laurent de 2015 réalisé par Bertrand Bonello car ce film raconte la même histoire, pourtant il est présenté dans différentes nuances. En outre, il n’y a pas beaucoup de chercheurs qui l’analysent.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/24/051800603
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Mekanisme Pertahanan Diri, Psikologi, Psikoanalisis
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 843 French fiction
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 11 May 2018 08:29
Last Modified: 25 Oct 2021 05:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10416
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (888kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (414kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item