Evaluasi sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas pada perusahaan jasa perhotelan : studi kasus pada Inna Tretes Hotel.

WindyAyuTrihandini (2009) Evaluasi sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas pada perusahaan jasa perhotelan : studi kasus pada Inna Tretes Hotel. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan dunia pariwisata dewasa ini, menunjukkan arti pentingnya sebuah hotel. Semakin meningkatnya dunia pariwisata, membuat industri perhotelan semakin banyak dan menjamur. Dengan semakin banyaknya industri perhotelan, maka persaingan yang ada juga semakin ketat. Untuk menunjang aktivitas pada hotel, diperlukan sistem informasi akuntansi yang baik, guna pengambilan keputusan manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan prosedur, pengendalian internal, serta penggunaan informasi yang dihasilkan melalui sistem informasi yang telah dilaksanakan oleh Inna Tretes Hotel terutama sistem penjualan (baik tunai maupun kredit) dan penerimaan kas atas kamar, restaurant serta meeting room hotel. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan prosedur penjualan tunai dan penerimaan kas pada Inna Tretes Hotel masih belum baik dan efektif, penerapan prosedur penjualan kredit dan penerimaan kas masih belum baik dan efektif, demikian pula dengan penerapan pengendalian internal penjualan kredit dan penerimaan kas dirasa masih belum baik dan efektif. Sedangkan penerapan pengendalian internal penjualan tunai dan penerimaan kas sudah cukup baik dan efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/288/050901819
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jul 2009 15:09
Last Modified: 22 Oct 2021 05:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104159
[thumbnail of 050901819.pdf]
Preview
Text
050901819.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item