Analisis kinerja keuangan perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebelum dan sesudah Merger atau Akuisisi.

NukeArthiadianika (2009) Analisis kinerja keuangan perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebelum dan sesudah Merger atau Akuisisi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah merger atau akuisisi pada perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kinerja keuangan perusahaan di ukur dengan menggunakan rasio keuangan, yang terdiri dari rasio likuiditas (rasio lancar), rasio solvabilitas (rasio hutang), dan rasio profitabilitas (ROA). Ada 12 sampel dalam penelitian yang di ambil dari perusahaan-perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan tersebut melakukan merger atau akuisisi selama periode 2001-2005. Sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis paired sample t-test , yang membandingkan rasio keuangan sebelum dan sesudah merger atau akuisisi dilakukan. Hasil dari analisis paired sample t-test menunjukkan bahwa perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebelum dan sesudah merger atau akuisisi tidak memberikan pengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya perbedaan yang signifikan pada rasio keuangan perusahaan selama dua tahun dan satu tahun sebelum serta satu tahun dan dua tahun sesudah merger atau akuisisi dilakukan. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa merger atau akuisisi tidak memberikan pengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan publik dan tidak memberika sinergi keuangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/287/050901818
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jul 2009 15:23
Last Modified: 22 Oct 2021 05:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104158
[thumbnail of 050901818.pdf]
Preview
Text
050901818.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item