Faktor-faktor yang mempengaruhi luas pengungkapan sosial pada perusahaan Publik di Indonesia (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEI Periode 2007)

FallaIlhamiSaputra (2009) Faktor-faktor yang mempengaruhi luas pengungkapan sosial pada perusahaan Publik di Indonesia (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEI Periode 2007). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejak tahun 1970-an masalah tanggung jawab sosial perusahaan terus menjadi isu penting, baik di kalangan profesi akuntan ataupun sebagai obyek riset Ide dasar yang melandasi berkembangnya akuntansi sosial (social accounting) secara umum adalah tuntutan terhadap perluasan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) . Seiring dengan proses globalisasi informasi berbagai pihak seperti stakeholders , pemerintah, pekerja, konsumen, dan masyarakat umum juga mulai mensyaratkan pada perusahaan di Indonesia untuk lebih bertanggung jawab terhadap hal tersebut. Perubahan dalam masyarakat tersebut membawa suatu tekanan bagi perusahaan bahwa keberadaannya di tengah-tengah lingkungan sosial dengan orientasi semata-mata maksimum profit tidak bisa terus dipertahankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profil perusahaan, umur perusahaan, ukuran dewan komisaris, dan kepemilikan saham publik terhadap luas pengungkapan sosial. Dengan menggunakan uji regresi linier berganda, penelitian dilakukan terhadap annual report perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2007. Analisis dilakukan secara cross sectional terhadap 79 perusahaan yang dijadikan sampel. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh positif profil perusahaan dan ukuran dewan komisaris terhadap luas pengungkapan sosial. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perusahaan kategori high profile di Indonesia telah menyadari adanya sorotan yang lebih besar oleh masyarakat terhadap konsekuensi kegiatan produksinya sehingga berusaha untuk memperluas tingkat pengungkapan sosialnya. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa semakin banyak (dalam batas tertentu) jumlah anggota dewan komisaris dalam suatu perusahaan akan berdampak positif terhadap luas pengungkapan yang dilakukan oleh perusahaan. Penelitian tidak mampu membuktikan adanya pengaruh signifikan antara umur perusahaan dan kepemilikan saham publik terhadap luas pengungkapan sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/227/050901463
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 May 2009 14:55
Last Modified: 21 Oct 2021 17:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104092
[thumbnail of 050901463.pdf]
Preview
Text
050901463.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item