Pengaruh Dimensi Kinerja Dan Kualitas Pelayanan Pemanfaatan Tata Ruang Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Malang

Wardani, Aditya Pratama Jaya (2018) Pengaruh Dimensi Kinerja Dan Kualitas Pelayanan Pemanfaatan Tata Ruang Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kinerja yang terdiri dari hasil kerja, perilaku kerja, dan sifat pribadi serta kualitas pelayanan pemanfaatan tata ruang terhadap kepuasan masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Malang Bidang Tata Ruang. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat yang menggunakan pelayanan pemanfaatan tata ruang dari bulan Maret-September 2017 sebanyak 1104. Sampel dari penelitian ini adalah masyarakat yang ditemui oleh peneliti pada saat melakukan pengajuan pelayanan pemanfaatan tata ruang yang di lakukan di kantor Pelayanan Terpadu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Malang, serta masayarakat yang menerima pelayanan di lapangan. Latar belakang utama dari penelitian ini adalah karena adanya penurunan peniliaan survey kepuasan masyarakat yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Malang. Penurunan ini bisa jadi karena adanya banyak pengaduan pelanggaran yang menyebabkan beberapa bencana. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai signifikasi variabel hasil kerja 0,039, perilaku kerja 0,074, sifat pribadi 0,389, dan kualitas pelayanan 0,001. Apabila dibawah 0,05 terdapat signifikasi dan apabila lebih tidak ada pengaruh signifikan. Hasil ini kemudian menunjukan bahwa variabel hasil kerja dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat, sedangkan variabel perilaku kerja dan sifat pribadi tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Nilai F hitung bernilai 49,511 dengan signifikasi 0,000 atau lebih dari nilai F tabel 2,48. Hal ini menunjukan secara simultan terdapat pengaruh secara signifikan. Nilai R2 pada penelitian ini adalah 0,695, artinya 69,5 % variabel hasil kerja, perilaku kerja, sifat pribadi, dan kualitas pelayanan mampu menggambarkan variabel kepuasan masyarakat.

English Abstract

This research has a purpose to know the effect of performance dimension consisting of work result, work behavior, and personal character and service quality of spatial utilization to society satisfaction. This research was conducted at the Public Works Department and Spatial Layout of Malang City Spatial Planning. The population of this study is the people who use spatial use service from March to September 2017 as many as 1104. The sample of this study is the community encountered by researchers at the time of submitting service spatial use in the office of Integrated Services, Public Works Department and Spatial Planning of Malang City, as well as people who receive services in the field. The main background of this research is due to the decrease of public satisfaction survey conducted by Public Works Department of Malang City. This decline could be due to many complaints of violations that caused several disasters. The results of this study showed that the value of the significance of work variables 0.039, work behavior 0.074, personal properties 0.389, and quality of service 0.001. If below 0.05 there is significance and if there is no significant influence. This result then shows that the variable of work result and service quality have significant influence to the satisfaction of the society, while the variable of work behavior and personal character have no significant influence. The value of F arithmetic is 49,511 with the significance of 0.000 or more from the value of F table 2.48. This shows simultaneously there is a significant influence. The value of R2 in this research is 0,695, meaning 69,5% variable of work result, work behavior, personal character, and service quality able to depict variable of society satisfaction..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/161/051802853
Uncontrolled Keywords: Kinerja Aparatur Pemerintah, Kualitas Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.8 Local government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 May 2018 08:09
Last Modified: 18 Oct 2021 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10408
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (548kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (550kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (560kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (709kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item