Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, Risiko Bisnis, Pertumbuhan, Umur Perusahaan, dan Pajak Perusahaan Terhadap Struktur Modal (Studi pada Industri Makanan dan Minuman yang Ter

AyuJuwitaPuspitasari (2009) Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, Risiko Bisnis, Pertumbuhan, Umur Perusahaan, dan Pajak Perusahaan Terhadap Struktur Modal (Studi pada Industri Makanan dan Minuman yang Ter. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, Risiko Bisnis, Pertumbuhan, Umur Perusahaan, dan Pajak perusahaan baik secara simultan maupun parsial terhadap struktur modal dan untuk mengetahui variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap struktur modal pada perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian 2003-2007. Jumlah perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar sebanyak 18 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling . Pengambilan sampel dengan Teknik Purposive sampling dalam penelitian ini menggunakan kriteria bahwa perusahaan Makanan dan Minuman sampel harus menggunakan pinjaman jangka panjang sebagai salah satu sumber dananya, tidak menunjukkan adanya saldo ekuitas (modal sendiri) yang negatif, dan memiliki laba tidak negatif (tidak mengalami kerugian) secara terus menerus selama periode penelitian, sehingga diperoleh 12 perusahaan. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara simultan (Uji F) variabel bebas berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat (struktur modal). Sedangkan secara parsial (uji t), variabel profitabilitas, risiko bisnis, pertumbuhan, dan pajak berpengaruh secara signifikan terhadap struktur modal. Dan untuk variabel ukuran perusahaan, struktur aktiva dan umur tidak berpengaruh secara signifikan terhadap struktur modal. variabel yang berpengaruh dominan terhadap struktur modal adalah risiko bisnis karena nilai koefisien beta-nya terbesar dibanding variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/215/050901393
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 May 2009 15:49
Last Modified: 21 Oct 2021 16:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104079
[thumbnail of 050901393.pdf]
Preview
Text
050901393.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item