Pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan Flexi Information School : Studi Pada Sekolah Pengguna Flexi Information School Tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah M

MuhammadSyaifuddin (2009) Pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan Flexi Information School : Studi Pada Sekolah Pengguna Flexi Information School Tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah M. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial antara variabel Berwujud ( tangible ), Keandalan ( reliability ), Ketanggapan ( responsiveness ), Jaminan dan kepastian ( assurance ), dan Empati ( empathy ) terhadap kepuasan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas pengguna Flexi Information School di kota Malang, 2) Untuk mengetahui dari variabel Berwujud ( tangible ), Keandalan ( reliability ), Ketanggapan ( responsiveness ), Jaminan dan kepastian ( assurance ), dan Empati ( empathy ) yang paling berpengaruh dominan terhadap kepuasan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas pengguna Flexi Information School di kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory (penjelasan). Populasi dalam penelitian adalah sekolah di kota Malang yang menggunakan layanan Flexi Information School. Adapun data jumlah populasi yang peneliti dapatkan sebanyak 37 sekolah, yang meliputi segmen tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh atau yang biasa disebut sensus. Sensus adalah menggunakan seluruh unsur populasi sebagai sumber data. Sehingga dalam penelitian ini ditetapkan respondennya sejumlah 37 orang tenaga administrator sekolah, yang meliputi segmen tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dimensi kualitas jasa yang terdiri dari berwujud ( tangible ), keandalan ( reliability ), ketanggapan ( responsiveness ), jaminan dan kepastian ( assurance ), dan empati ( empathy ) yang kemudian dijabarkan menjadi beberapa item variabel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa regresi berganda, uji hipotesis: 1) uji F, 2) uji t; uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik: 1) uji normalitas, 2) uji heteroskedasitas, 3) uji multikolinieritas. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa variabel dimensi kualitas jasa secara simultan dan parsial mempengaruhi kepuasan pelanggan Flexi Information School. Variabel yang paling berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan adalah variabel ketanggapan. Berdasarkan saran dari para pelanggan, item yang menjadi prioritas perbaikan layanan adalah kemudahan layanan, selanjutnya hal lain yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah layanan Flexi Information School, dan fasilitas tambahan yang perlu diberikan kepada pelanggan adalah penambahan fitur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/20/050900328
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Feb 2009 10:21
Last Modified: 21 Oct 2021 16:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104061
[thumbnail of 050900328.pdf]
Preview
Text
050900328.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item