Pengaruh krisis keuangan di Amerika Serikat terhadap harga saham dan volume perdagangan saham Emiten LQ-45 di Bursa Efek Indonesia : Event Study pada Pengumuman Kebangkrutan Investment Bank Lehman Bro

EkaNurlitaKurniaWardhani (2009) Pengaruh krisis keuangan di Amerika Serikat terhadap harga saham dan volume perdagangan saham Emiten LQ-45 di Bursa Efek Indonesia : Event Study pada Pengumuman Kebangkrutan Investment Bank Lehman Bro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan reaksi pasar antara sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman kebangkrutan investment bank Lehman Brother Holding Inc pada 15 September 2008. Adanya peristiwa ini disinyalir akan mempengaruhi keputusan investor dalam berinvestasi di pasar modal karena menunjukkan ketidakmampuan keuangan Pemerintah Amerika Serikat dalam menangani krisis “ Subprime Mortgage ”. Untuk melindungi investasinya, investor cenderung mencari alternatif instrument investasi yang relatif lebih aman dibandingkan berinvestasi di pasar modal Indonesia yang memiliki resiko yang relatif tinggi. Metode penelitian ini adalah event study dengan model market-adjusted dan metode pengambilan sampel purposive sampling . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 34 perusahaan emiten yang terdaftar dalam perhitungan indeks LQ-45 periode 1 Agustus 2008 s/d 31 Januari 2009. Periode pengamatan dalam event study ini adalah 20 hari bursa, yakni 10 hari sebelum dan 10 hari sesudah ( event date dimasukkan dalam kategori sesudah). Untuk melihat konsistensi hasil, dilakukan pengujian dengan peride jendela yang diperpendek menjadi 10 hari bursa, yaitu 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah. Reaksi pasar dalam penelitian ini ditunjukkan dengan adanya Average Abnormal Return (AAR) dan Average Trading Volume Activity (ATVA) selama periode penelitian. Uji statistik yang digunakan adalah paired samples t-test untuk melihat perbedaan AAR dan ATVA sebelum dan sesudah peristiwa. Hasil pengujian AAR pada hipotesis I menunjukkan bahwa terdapat perubahan harga saham yang secara statistik signifikan. Hasil pengujian AAR pada hipotesis II baik pada periode jendela 10 hari bursa dan periode jendela 20 hari bursa, tidak terdapat perbedaan yang secara statistik signifikan. Hasil pengujian ATVA pada hipotesis III menunjukkan bahwa tidak terjadi perbedaan yang secara statistik signifikan pada ATVA pada pengujian dengan periode jendela 10 hari bursa, sedangkan pada pengujian dengan periode jendela 20 hari bursa menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang secara statistik signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/2/050900217
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Feb 2009 09:17
Last Modified: 21 Oct 2021 16:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104060
[thumbnail of ABSTRAKSI_INDO.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI_INDO.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_-_EKA_NURLITA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_LENGKAP_-_EKA_NURLITA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAKSI_INGGRIS.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI_INGGRIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item