Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Laptop Acer (Studi Kasus Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang)

RizkyAmeliaDewi (2009) Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Laptop Acer (Studi Kasus Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyak sekali teknologi canggih yang sudah dipakai atau dikonsumsi oleh para konsumen dengan adanya kecanggihan tersebut harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Seiring kebutuhan manusia yang semakin meningkat membuat para produsen berlomba dalam persaingan yang sehat untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, dengan adanya teknologi yang semakin canggih membuat para produsen atau perusahaan menciptakan sebuah computer dan laptop dengan fasilitas yang bagus. Dalam hal ini yang diteliti yaitu Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Laptop Acer Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Variabel brand image (variabel bebas) dalam penelitian ini adalah variabel citra pembuat/ corporate image (X 1 ), citra pemakai /user image (X 2 ), dan citra produk/ product image (X 3 ). Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian konsumen (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan pengaruh secara parsial antara variabel brand image dengan keputusan pembelian serta variabel yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen membeli Laptop Acer. Dalam penelitian ini peneliti menetapkan responden sebanyak 80 dengan pertimbangan agar tingkat keterwakilan populasi semakin tinggi (pendapat Roscoe). Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil penelitian ini secara simultan (bersama-sama) variabel bebas Citra Pembuat (X 1 ), Citra Pemakai (X 2 ), Citra Produk (X 3 ) berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli Laptop Accer. Sedangkan Citra Produk (X 3 ) secara parsial signifikan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli Laptop Accer dan Citra Pembuat (X 1 ), Citra Pemakai (X 2 ) secara parsial tidak signifikan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli Laptop Accer.Dari hasil analisis, diketahui variabel Citra Produk (X 3 ) berpengaruh dominant terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/195/050901201
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Apr 2009 10:17
Last Modified: 21 Oct 2021 16:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104055
[thumbnail of 050901201.pdf]
Preview
Text
050901201.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item