Evaluasi Kinerja Organisasi dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada Kantor Pertanahan Kota Malang“

RadityoPutroH (2009) Evaluasi Kinerja Organisasi dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada Kantor Pertanahan Kota Malang“. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Malang sebagai instansi yang bertanggung jawab atas administrasi pertanahan di wilayan Kota Malang harus memberikan pelayanan pertanahan yang baik bagi masyarakat. Dengan mengedepankan Visi BPN Kota Malang adalah “Menjadi kantor pelayanan terkemuka yang unggul di bidang pengelolaan pertanahan yang berkeadilan dan menjamin kepastian hukum untuk mendukung peningkatan pembangunan serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Malang” BPN Kota Malang memberikan pelayanan pertanahan dengan berpedoman pada aturan yang telah ditetapkan untuk memberikan kepuasan pada masyarakat. BPN Kota Malang sebagai kantor pertanahan pertama yang meraih sertifikasi ISO 9001:2000 terbukti telah berhasil melewati evaluasi kinerja yang diadakan oleh pihak internal pememrintah dan pihak eksternal. Dengan diraihnya berbagai macam penghargaan, BPN Kota Malang terus membutuhkan inovasi dalam melakukan evaluasi kinerja dan perencanaan startegi. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam evaluasi kinerja perusahaan adalah Balanced Scorecard. Balanced Scorecard adalah suatu alat pengukuran kinerja perusahaan yang komperhensif, koheren, seimbang dan terukur. Selain sebagai alat evaluasi kinerja Balanced Scorecard telah dikembangkan menjadi suatu Sistem Manajemen Strategi. Dalam penerapannya pada organisasi publik, Balanced Scorecard membutuhkan penyesuaian terhadap empat perspektifnya. Empat perspektif tersebut adalah: Customer and Stakeholders, Keuangan, Proses Bisnis Internal, dan Employee and Organization Capacity. Dengan hasil penilaian model baru ini, diharapkan BPN Kota Malang semakin baik dalam melakukan kinerja organisasi Hasil evaluasi kinerja pada BPN Kota Malang tahun 2008 diperoleh nilai kinerja sebesar 4,035 dengan kriteria kinerja BAIK . Hasil kinerja ini menunjukkan kinerja yang ada telah seimbang. Keseimbangan tersebut dapat dilihat dari keseimbangan penilaian seluruh perspektif, keseimbangan antara terget dan realisasi, dan keseimbangan nilai antar perspektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/17/050900325
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Feb 2009 08:58
Last Modified: 19 Feb 2009 08:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104028
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item