Evaluasi Siklus Penghasilan dan Perancangan Software Interface Berbasis Database Management System dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan Microsoft SQL Server 2000 (Studi Kasus pada Toko Bu

LailiIsroin (2009) Evaluasi Siklus Penghasilan dan Perancangan Software Interface Berbasis Database Management System dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan Microsoft SQL Server 2000 (Studi Kasus pada Toko Bu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Siklus penghasilan pada Toko Buku "X" masih menggunakan cara manual. Perhitungan total penjualan dan keuntungan dilakukan secara manual, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Dalam aktivitasnya perusahaan ini sangat membutuhkan informasi yang akurat, relevan dan tepat waktu. Informasi yang dibutuhkan tidak hanya untuk pengambilan keputusan, tetapi juga untuk melakukan perencanaan dan pengendalian. Oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi akuntansi yang memadai, untuk memproses pencatatan secara otomatis dan menghasilkan informasi yang cepat, tepat dan sesuai dengan kebutuhan manajemen. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Jadi, penelitian ini lebih bersifat penjelasan terhadap situasi dan keadaan yang ada, menganalisanya serta memberikan saran perubahan terhadap permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gambaran penerapan sistem penghasilan Toko Buku "X" yang diperoleh melalui wawancara, pengumpulan dokumen, dan pengamatan. Gambaran ini kemudian dievaluasi dan dilakukan analisis dan kemudian dirancang perangkat lunak Database Management System (DBMS) sistem penghasilan yang dapat digunakan di dalam operasional Toko Buku "X". Hasil analisis menunjukkan bahwa sistem informasi penjualan yang lama memiliki beberapa kelemahan, baik dari sisi input, sistem dan prosedur, maupun output yang dihasilkan. Output yang dihasilkan kurang mampu memberikan informasi yang dibutuhkan manajemen dalam melakukan perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan. Untuk itu, perlu dilakukan desain ulang atas sistem informasi akuntansi dengan menggunakan sistem yang berbasis komputer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/149/050900920
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Mar 2009 10:49
Last Modified: 21 Oct 2021 16:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104005
[thumbnail of 050900920.pdf]
Preview
Text
050900920.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item