Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)

TeguhAriRahman (2009) Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mekanisme Good Corporate Governance seperti kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, proporsi dewan komisaris independen, ukuran dewan komisaris dan komite audit. Penelitian ini juga memasukkan keikutsertaan perusahaan dalam CGPI ( Corporate Governance Perception Index ) sebagai variabel kontrol, yang di duga memiliki hubungan dengan manajemen laba. Penelitian ini mengambil sampel perusahaan pada sektor manufaktur di Bursa Efek Indonesia yang mempublikasikan laporan keuangan dari 2005-2007. Dengan menggunakan purposive sampling , terdapat 55 perusahaan yang sesuai dengan kriteria. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier berganda dengan α=5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilkan manajerial, proporsi dewan komisaris dan ukuran dewan komisaris berpengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan kepemilikan institusioanal dan keikutsertaan perusahaan dalam CGPI tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. variabel komite audit tidak dapat diteliti karena factor regulasi. Kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap manajemen laba, hal ini karena struktur kepemilikan emiten yang terkonsentrasi dan bersifat mengontrol. Sedangkan proporsi komisaris independen dan ukuran dewan komisaris berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Penelitian ini mengindikasikan bahwa proporsi komisaris independen dan ukuran dewan komisaris dapat menjadi mekanisme Good Corporate Governance yang dapat mengurangi konflik kepentingan antara manajemen dan pemilik yang pada akhirnya berpotensi mengurangi masalah agensi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/140/050900911
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Mar 2009 14:25
Last Modified: 21 Oct 2021 15:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103997
[thumbnail of 050900911.pdf]
Preview
Text
050900911.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item