Analisis Pengaruh Variabel Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE), Size (Ukuran Perusahaan), Leverage, dan Book Value Equity Per Share (BVS) Terhadap Harga Saham. (Studi Pada Perusahaan Food

IkeFifinYuniarti (2009) Analisis Pengaruh Variabel Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE), Size (Ukuran Perusahaan), Leverage, dan Book Value Equity Per Share (BVS) Terhadap Harga Saham. (Studi Pada Perusahaan Food. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis terhadap harga saham memegang peranan penting sebelum melakukan investasi. Ada 2 analisis yang biasa digunakan dalam menganalisis saham yaitu analisis fundamental dan teknikal. Analisis fundamental merupakan analisis untuk menghitung nilai intrinsik saham dengan menggunakan data keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh signifikan EPS, ROE, Size , Leverage , dan BVS secara simultan maupun parsial terhadap harga saham pada perusahaan Food And Beverages yang Go Public di BEI tahun 2005-2007. sampel yang digunakan adalah 15 perusahaan dengan purposive sampling . Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Uji F dan uji t digunakan untuk menguji hipotesis dengan tingkat signifikansi 5%. Dari hasil penelitian, dengan uji F diperoleh bahwa variabel EPS, ROE , Size , Leverage , dan BVS secara simultan berpengaruh terhadap harga saham. Dengan uji t diperoleh hasil bahwa hanya variabel EPS dan BVS saja yang berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan ROE, Size dan Leverage tidak berpengaruh terhadap harga saham. Dari hasil analisis regresi penelitian, diketahui bahwa EPS, ROE, Size , Leverage , dan BVS mempunyai pengaruh dalam menjelaskan harga saham sebesar 83,9% sedangkan sisanya, yaitu 16,1%, dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam persamaan regresi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/127/050900829
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Mar 2009 09:44
Last Modified: 21 Oct 2021 15:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103982
[thumbnail of 050900829.pdf]
Preview
Text
050900829.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item