“Sistem perencanaan strategik dengan metode Balanced Scorecard (BSC)” (Studi Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (Bank Jatim) Cabang Malang)”.

AchiskaSoraya (2009) “Sistem perencanaan strategik dengan metode Balanced Scorecard (BSC)” (Studi Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (Bank Jatim) Cabang Malang)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor perbankan nasional yang semakin berkembang menyebabkan tingkat persaingan di sektor jasa perbankan semakin tinggi. Bank yang ingin berkembang dan mendapatkan keunggulan kompetitif harus memiliki prioritas strategi dan sebuah perencanaan strategi. Sistem perencanaan strategik mempunyai fungsi untuk mengidentifikasi misi, visi, tujuan, nilai dasar, dan strategi yang diterjemahkan ke dalam sasaran dan inisiatif strategi. Metode Balanced Scorecard adalah metode yang pengukurannya melibatkan seluruh aspek dalam perusahaan, yaitu aspek keuangan dan non keuangan, hal ini membuat metode ini banyak diterapkan sebagai alat pengukuran kinerja dan perencanaan strategik. Penelitian ini mengambil lokasi di PT Bank Jatim Cabang Malang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif yaitu penelitian yang menghasilkan gambaran mengenai kondisi lingkungan internal dan eksternal, strategi yang diterapkan, serta sistem yang telah diterapkan Bank Jatim terkait dengan usaha pencapaian sasaran strategi. kemudian dilakukan perhitungan poin akhir terhadap kinerja Bank Jatim dengan menggunakan alat bantú Software Balanced Scorecard Designer dengan dasar pembobotan ukuran kinerja yang disesuaikan dengan visi dan misi Bank Jatim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dengan análisis SWOT kondisi lingkungan Bank Jatim bisa dikatakan sudah cukup baik walaupun masih ada salah satu aspek lingkungan internal yang belum menunjukkan kinerja yang optimal, 2) hasil analisis metode Balanced Scorecard terhadap sistem perencanaan strategik yang diterapkan Bank Jatim menunjukkan bahwa sistem perencanaan yang terkait dengan usaha pencapaian sasaran-sasaran strategi usaha belum menunjukkan hasil yang memuaskan, sehingga dibutuhkan rancangan ulang terhadap sistem tersebut, 3) hasil penilaian dengan software Balanced Scorecard Designer diperoleh point akhir sebesar 73,63%, hal ini menunjukkan kinerja dari Bank Jatim bisa dikatakan sudah cukup baik walaupun masih ada beberapa indikator yang dinilai kinerjanya masih belum optimal, dan 4) hasil penelitian dengan análisis SWOT dan metode Balanced Scorecard didapatkan alternatif strategi untuk menunjang keberhasilan sasaran-sasaran strategi yaitu strategi pertumbuhan dan manajemen resiko.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/113/050900748
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Mar 2009 08:56
Last Modified: 21 Oct 2021 15:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103968
[thumbnail of 050900748.pdf]
Preview
Text
050900748.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item