Pengaruh Informasi Produk, Hedonisme, Tingkat Perekonomian Individu, Manipulasi, dan Materialisme Terhadap Sikap Konsumen Pada Iklan : Studi pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

RahmaTiaraHakim (2009) Pengaruh Informasi Produk, Hedonisme, Tingkat Perekonomian Individu, Manipulasi, dan Materialisme Terhadap Sikap Konsumen Pada Iklan : Studi pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel informasi produk, hedonisme, tingkat perekonomian individu, manipulasi, dan materialisme secara simultan, parsial maupun dominan berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen pada iklan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kausal komparatif, yaitu tipe penelitian dengan karakteristik masalah berupa hubungan sebab-akibat antara dua variabel atau lebih. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah quota sampling, dengan besarnya sampel sebanyak 98 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan dalam melakukan pemgumpulan data adalah dengan melalui kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data menggunakan korelasi pearson product moment , regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel informasi produk, hedonisme, tingkat perekonomian individu, manipulasi, dan materialisme berpengaruh terhadap sikap konsumen pada iklan secara simultan. Variabel informasi produk, tingkat perekonomian individu, dan manipulasi mempunyai pengaruh secara parsial terhadap sikap konsumen pada iklan, sedangkan variabel hedonisme dan materialisme tidak mempunyai pengaruh secara parsial terhadap sikap konsumen pada iklan. Variabel yang paling dominan mempengaruhi sikap konsumen pada iklan adalah variabel manipulasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/10/050900318
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Feb 2009 13:53
Last Modified: 21 Oct 2021 15:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103953
[thumbnail of 050900318.pdf]
Preview
Text
050900318.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item