Analisis Pengaruh Penerapan Strategi Relationship Marketing Terhadap Upaya Peningkatan Customer Satisfaction : Studi pada Hotel Kusuma Agrowisata Resort and Convention Kota Batu.

AnaAdiliya (2008) Analisis Pengaruh Penerapan Strategi Relationship Marketing Terhadap Upaya Peningkatan Customer Satisfaction : Studi pada Hotel Kusuma Agrowisata Resort and Convention Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsep relationship marketing adalah strategi di dalam menarik perhatian pelanggan dan memelihara pelanggan serta mengelola hubungan dengan pelanggan. Hasil relationship marketing merupakan proses pembentukan kolaborasi pelanggan, seperti membangun hubungan mata rantai untuk meningkatkan nilai pelanggan, dan profitabilitas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial antara variabel-variabel relationship marketing yang terdiri dari komunikasi, kepercayaan, kompetensi dan faktor-faktor pribadi, dan ketiadaan konflik terhadap kepuasan pelanggan (customer satisfaction) pada hotel Kusuma Agrowisata serta untuk mengetahui dan menganalisis variabel yang dominan dalam mempengaruhi customer satisfaction. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Lokasi penelitian yaitu hotel Kusuma Agrowisata Batu. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah hasil kuesioner yang telah dibagikan kepada respoden, dalam hal ini adalah tamu hotel Kusuma Agrowisata. Pada penelitian ini digunakan sampel sebanyak 100 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, dan digunakan uji validitas dan reliabilitas untuk menguji instrumen tersebut. Terdapat tiga uji asumsi klasik dalam penelitian ini yakni uji heterokedastisitas, uji multikolinearitas dan uji normalitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, koefisien determinasi dan analisis deskriptif. Untuk menguji hipotesis, digunakan uji F dan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel relationship marketing yang terdiri dari komunikasi (X1), kepercayaan (X2), kompetensi dan faktor-faktor pribadi (X3), dan ketiadaan konflik (X4) berpengaruh signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pelanggan (Y). Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa di antara variabel-variabel relationship marketing yang terdiri dari komunikasi (X1), kepercayaan (X2), kompetensi dan faktor-faktor pribadi (X3), dan ketiadaan konflik (X4), yang dominan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan (Y) adalah variabel ketiadaan konflik (X4).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/99/050800690
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Mar 2008 10:05
Last Modified: 21 Oct 2021 15:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103950
[thumbnail of 050800690.pdf] Text
050800690.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item