RoosyArlyna (2008) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan pada Perusahaan Rokok PT. Bokormas Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dengan cepat berkembangnya keadaan perekonomian ini sangat dirasakan bahwa promosi merupakan salah satu bagian dari marketing mix untuk meningkatkan volume penjualan. Prospek pemasaran perusahaan rokok di Indonesia dewasa ini cukup menjanjikan, hal ini disebabkan karena rokok merupakan salah satu komoditi yang sangat diminati oleh masyarakat baik masyarakat perkotaan maupun masyarakat pedesaan, namun dalam pemasarannya sangat tergantung pada promosi yang dilakukan perusahaan dimana bauran promosi yang dilaksanakan dapat menimbulkan umpan balik bagi perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan pada perusahaan rokok PT. Bokormas. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis explanatory research dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara simultan ataupun parsial antara variabel bauran promosi yang terdiri dari advertising, personal selling, sales promotion terhadap volume penjualan. Data yang diperoleh yang berupa data tentang, jumlah biaya advertising, personal selling, sales promotion dalam 5 tahun dan jumlah volume penjualan dalam 5 tahun terakhir. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji t. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel independen yaitu advertising, personal selling, dan sales promotion, sedangkan variabel dependennya yaitu volume penjualan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui perubahan variabel volume penjualan dapat dijelaskan oleh perubahan variabel advertising, personal selling, sales promotion sebesar 99.5, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel independen yang diteliti. Hasil yang didapat juga menunjukkan bahwa dari variabelvariabel independen tersebut mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap variabel dependen; advertising sebesar 42.053, personal selling 20.001, dan sales promotion 2.070, ditambah dengan nilai Ftabel = 225 sedangkan nilai Fhitung = 267,385 sehingga dapat dikatakan Fhitung lebih besar dari Ftabel. Hasil lain yang diperoleh dari ketiga variabel independen yang paling dominan berpengaruh terhadap volume penjualan (Y) adalah advertising (X1) dengan nilai sebesar 42.043
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2008/92/050800683 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 13 Mar 2008 11:05 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 15:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103944 |
Text
050800683.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |