Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Menjadi Nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang.

MohammadArysMuhlisin (2008) Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Menjadi Nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bauran pemasaran yang terdiri dari variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, bukti fisik dan pelayanan konsumen terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia cabang Malang baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research yang mengkaji pengaruh variabel bebas yang meliputi variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), bukti fisik (X7) dan pelayanan konsumen (X8) terhadap variabel terikat yaitu keputusan konsumen (Y) menjadi nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia cabang Malang dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 100 orang nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia cabang Malang. Uji instrumen data dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji alat analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji asumsi multikolinieritas, uji asumsi heteroskedastisitas, uji asumsi normalitas, dan uji asumsi autokorelasi. Sedangkan alat analisis yang dipakai adalah uji regresi linier berganda serta uji hipotesis dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa secara simultan variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), bukti fisik (X7) dan pelayanan konsumen (X8) mempunyai pengaruh signifikan terhadap terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia cabang Malang. Besarnya kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 50,3%, sedangkan sisanya sebesar 49,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar 8 variabel independen yang diteliti. Secara parsial ada 3 variabel yang mempunyai pengaruh signifikan yaitu variabel produk (X1), proses (X6) dan bukti fisik (X7). Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa variabel produk (X1) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia cabang Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/84/050800625
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Mar 2008 09:45
Last Modified: 21 Oct 2021 15:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103935
[thumbnail of 050800625.pdf]
Preview
Text
050800625.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item