MohammadArysMuhlisin (2008) Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Menjadi Nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bauran pemasaran yang terdiri dari variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, bukti fisik dan pelayanan konsumen terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia cabang Malang baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research yang mengkaji pengaruh variabel bebas yang meliputi variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), bukti fisik (X7) dan pelayanan konsumen (X8) terhadap variabel terikat yaitu keputusan konsumen (Y) menjadi nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia cabang Malang dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 100 orang nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia cabang Malang. Uji instrumen data dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji alat analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji asumsi multikolinieritas, uji asumsi heteroskedastisitas, uji asumsi normalitas, dan uji asumsi autokorelasi. Sedangkan alat analisis yang dipakai adalah uji regresi linier berganda serta uji hipotesis dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa secara simultan variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), bukti fisik (X7) dan pelayanan konsumen (X8) mempunyai pengaruh signifikan terhadap terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia cabang Malang. Besarnya kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 50,3%, sedangkan sisanya sebesar 49,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar 8 variabel independen yang diteliti. Secara parsial ada 3 variabel yang mempunyai pengaruh signifikan yaitu variabel produk (X1), proses (X6) dan bukti fisik (X7). Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa variabel produk (X1) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia cabang Malang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2008/84/050800625 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 27 Mar 2008 09:45 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 15:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103935 |
Text
050800625.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |