Pengaruh Mekanisme Corporate Governance terhadap Manajemen Laba serta Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Manajemen Laba terhadap Kualitas Laba

Bandaso, Febrianti (2008) Pengaruh Mekanisme Corporate Governance terhadap Manajemen Laba serta Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Manajemen Laba terhadap Kualitas Laba. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris adanya pengaruh mekanisme corporate governance terhadap manajemen laba serta pengaruh manajemen laba dan corporate governance terhadap kualitas laba. Dalam penelitian ini mekanisme corporate governance diukur dari kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, ukuran dewan direksi, komposisi dewan komisaris dan keberadaan komite audit. Manajemen laba diukur dengan menggunakan nilai akrual diskresioner menggunakan model Jones modifikasi. Sedangkan kualitas laba diukur dengan membandingkan aliran kas operasi dengan laba usaha. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini diseleksi dengan menggunakan judgement sampling pada perusahaan yang termasuk dalam kelompok indeks LQ-45 dengan periode penelitian tahun 2004-2006. Berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan diperoleh 18 perusahaan yang menjadi sampel penelitian.. Data laporan keuangan yang digunakan adalah piutang usaha, aktiva tetap, total aktiva, penjualan, net income , dan operating cash flow . Metode statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji t dengan derajat signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya indikasi bahwa perusahaan melakukan manajemen laba dengan cara menurunkan nilai akrual. Indikasi ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata akrual diskresioner yang bertanda negatif. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial ditemukan bukti bahwa ukuran dewan direksi berpengaruh signifikan positif terhadap manajemen laba dan komposisi dewan komisaris independen berpengaruh signifikan negatif terhadap manajemen laba sedangkan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan keberadaan komite audit tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, terdapat pengaruh yang positif antara komposisi dewan komisaris independen terhadap kualitas laba sedangkan untuk variabel ukuran dewan dewan direksi berpengaruh negatif terhadap kualitas laba. Penelitian ini tidak menemukan bukti adanya pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan keberadaan komite audit terhadap kualitas laba. Penelitian ini menemukan bukti adanya pengaruh negatif manajemen laba terhadap kualitas laba. Penelitian ini menemukan bukti bahwa manajemen laba merupakan variabel pemediasi antara mekanisme corporate governance dan kualitas laba.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/806/050802369
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Aug 2008 11:34
Last Modified: 21 Oct 2021 15:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103929
[thumbnail of 050802369.pdf]
Preview
Text
050802369.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item