Manajemen Strategi Pada PT. Karsa Mandiri Satria Fiberglass Waru Sidoarjo.

RatnaKartikaDewi (2008) Manajemen Strategi Pada PT. Karsa Mandiri Satria Fiberglass Waru Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap perusahaan pastilah mempunyai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun jangka panjang yang hendak dicapai dalam kurun waktu tertentu. Usaha pencapaian tujuan perusahaan umumnya tidak lepas dari kondisi lingkungan, baik lingkungan eksternal maupun internal yang dalam perkembangannya selalu berubah.Strategi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan perusahaan untuk mengantisipasi ataupun menjawab tantangan perubahan lingkungan. Untuk menghasilkan strategi yang efektif dan efisien, salah satu proses manajemen strategi yang dapat dimanfaatkan perusahaan adalah perumusan strategi. Dengan perumusan strategi yang baik, diharapkan follow-up implementasi dan evaluasi serta pengendalian strategi dapat berjalan dengan baik, dalam mendukung pencapaian tujuan perusahaan. Salah satu perusahaan yang dituntut untuk selalu mengantisipasi perubahan lingkungan dengan jalan menghasilkan strategi yang tepat, melalui perumusan strategi yang baik adalah PT. Kamas fiberglass. Perusahaan ini bergerak dalam industri jasa fabrikasi fiberglass dan telah beroperasi selama lebih dari 20 tahun Perumusan strategi dilakukan melalui tiga tahapan yaitu Input Stage, Matching Stage dan Decision Stage. Input Stage terdiri dari Matrik EFE dan IFE. Pada Matching Stage terdiri dari Matrik TOWS, Matrik IE, Matrik SPACE dan Matrik Grand Strategy. Pada Decision Stage yang menggunakan Matrik QSP sebagai alat bantunya. Berdasarkan hasil analisis lingkungan dan posisi perusahaan, maka strategi yang dipilih adalah strategi pengembangan pasar. Dengan strategi pengembangan pasar, nantinya perusahaan diharapkan dapat memperkenalkan produk-produk yang ada sekarang ke daerah-daerah yang secara geografis merupakan daerah baru. Adapun strategi fungsional dalam bidang sumber daya manusia meliputi mempertahankan loyalitas karyawan, peningkatan kualitas karyawan. Strategi di bidang pemasaran meliputi peningkatan usaha pengembangan pasar, peningkatan usaha pemasaran, peningkatkan hubungan baik dengan pelanggan. Strategi bidang keuangan meliputi pembuatan rencanaan penganggaran yang tepat, mengevaluasi keadaan keuangan perusahaan. Strategi bidang produksi meliputi peningkatann manajemen mutu, peningkatan pelayanan konsumen, peningkatan efektivitas produksi. Strategi bidang tekhnologi meliputi memanfaatkan teknologi sebagai sarana promosi dan informasi. Kata kunci : input stage, matching stage, dan decision stage serta pengembangan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/74/050800520
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Feb 2008 15:21
Last Modified: 21 Oct 2021 15:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103918
[thumbnail of 050800520.pdf]
Preview
Text
050800520.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item