Pekerja Perempuan di Sektor Informal dan Kontribusinya terhadap Perekonomian Keluarga Miskin : Studi Kasus di Kota Malang.

MuhammadFauzan (2008) Pekerja Perempuan di Sektor Informal dan Kontribusinya terhadap Perekonomian Keluarga Miskin : Studi Kasus di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keterlibatan kaum perempuan, khususnya ibu rumah tangga, bekerja di sektor informal, mengetahui peran perempuan pada keluarga miskin dalam menopang kehidupan ekonomi keluarga, dan mengetahui strategi perempuan dalam keluarga miskin untuk mengalokasikan waktu bekerja dan mengurus rumah tangganya. Lokasi penelitian di Kota Malang, yaitu di sekitar alun-alun, Pasar Besar dan beberapa lokasi di sekitar pusat kota dengan pertimbangan di daerah-daerah tersebut sangat banyak pekerja sektor informal, khususnya perempuan yang mempunyai kategori sebagai penduduk miskin dan penghasilannya memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan rumah tangganya. Hasil yang didapat dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor utama yang memengaruhi keterlibatan perempuan bekerja di sektor informal adalah ekonomi dengan pertimbangan penghasilan suami yang tidak mencukupi, atau tidak ada sama sekali. Kontribusi yang diberikan perempuan terhadap perekonomian rumah tangganya rata-rata adalah 77%. Sedang strategi alokasi waktu yang digunakan oleh perempuan antara waktu yang diperuntukkan bagi pekerjaan domestik dan pekerjaan publik, umumnya mengatakan tidak ada kesulitan yang berarti. Mereka mensiasatinya dengan memulai seluruh pekerjaan domestiknya semenjak sebelum subuh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/73/050800519
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Feb 2008 15:15
Last Modified: 21 Oct 2021 15:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103917
[thumbnail of 050800519.pdf]
Preview
Text
050800519.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item