Analisa variabel-variabel yang mempengaruhi curahan waktu kerja wanita di sektor non pertanian : studi kasus pada kelurahan Lawang Kecamatan Lawang Kabupaten Malang.

YossiAfriandi (2008) Analisa variabel-variabel yang mempengaruhi curahan waktu kerja wanita di sektor non pertanian : studi kasus pada kelurahan Lawang Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui partisipasi kerja wanita pada sektor non pertanian di daerah pedesaan. Secara khusus bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat pendidikan, total pendapatan keluarga, pendapatan wanita yang bekerja, dan jumlah tanggungan keluarga terhadap wanita dalam mencurahkan waktunya untuk bekerja. Proses pengumpulan data primer dalam penelitian ini menggunakan metode survey yaitu melalui kuisioner atau angket serta dengan melakukan wawancara dengan para responden, menggunakan kombinasi pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta analisa data primer. Responden dalam penelitian ini adalah wanita yang bekerja diluar sektor pertanian dikarenakan tempat tersebut merupakan daerah non pertanian. Umur mereka antara 15 – 60 tahun, dengan pertimbangan kelompok usia tersebut adalah wanita yang tergolong kelompok usia produktif dalam bekerja. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa variable total pendapatan keluarga mempunyai pengaruh yang sangat signifikan dan bersifat dominan (beta = 0,447) terhadap wanita dalam mencurahkan waktunya untuk bekerja. Variabel-variabel lainnya juga berpengaruh signifikan. Secara simultan keempat variable yaitu tingkat pendidikan, total pendapatan keluarga, pendapatan wanita, dan jumlah tanggungan keluarga mempunyai pengaruh signifikan terhadap curahan waktu kerja wanita. Kontribusi variable-variabel bebas tersebut dalam menjelaskan variansi curahan kerja wanita mempunyai hubungan dan pengaruh yang cukup kuat dimana R = 0,793 koefisien determinasi R2 = 0,629. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam mencurahkan waktunya untuk bekerja wanita dipengaruhi faktor-faktor antara lain tingkat pendidikan, total pendapatan keluarga, pendapatan wanita, dan jumlah tanggungan keluarga. Kata kunci: tenaga kerja wanita, curahan waktu kerja, pendidikan, pendapatan keluarga, pendapatan wanita, dan jumlah tanggungan keluarga. v

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/71/050800517
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Feb 2008 14:59
Last Modified: 21 Oct 2021 15:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103915
[thumbnail of 050800517.pdf]
Preview
Text
050800517.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item