Analisis Reaksi Pasar Modal Dampak Dari Kebijakan Pemerintah Menaikkan Harga BBM Pada 1 Oktober 2005: studi pada Perusahaan LQ 45 BEJ.

YusitaPriandari (2006) Analisis Reaksi Pasar Modal Dampak Dari Kebijakan Pemerintah Menaikkan Harga BBM Pada 1 Oktober 2005: studi pada Perusahaan LQ 45 BEJ. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kondisi perekonomian negara yang stabil akan berpengaruh pada kestabilan pasar modal, dan sebaliknya jika perekonomiannya tidak stabil maka akan dapat menyebabkan penurunan kegiatan pasar modal. Kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak) pada tanggal 1 Oktober merupakan peristiwa nasional yang cukup mendapat perhatian dari semua kalangan masyarakat termasuk para investor di pasar modal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui reaksi pasar modal dengan melakukan penelitian perbedaan abnormal return, rata-rata abnormal return dan perbedaan volume perdagangan sebelum dan setelah kenaikan harga BBM per 1 Oktober 2006. Hasil dari penelitian yang dilakukan diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang seberapa besar pengaruh kenaikan harga BBM terhadap pasar modal Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian event study merupakan studi yang mempelajari reaksi pasar terhadap suatu peristiwa (event) yang informasinya dipublikasikan sebagai suatu pengumuman. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) pada tahun 2005. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah perusahaan-perusahaan yang masuk kategori saham LQ- 45 yang terdaftar di BEJ. Hasil penelitian secara statistik menunjukkan bahwa return saham yang terjadi dalam 11 hari peristiwa mengalami perubahan. Hal ini sebagai akibat investor melepaskan saham-sahamnya yang mengakibatkan penurunan terhadap harga saham. Hasil uji beda dua rata-rata menunjukkan tidak terdapat perbedaan abnormal return pada periode sebelum dan sesudah pengumuman kenaikan BBM tanggal 1 Oktober 2005. Berdasarkan hasil uji beda rata-rata terhadap Trading Volume Activity (TVA) saham, penelitian ini mampu membuktikan adanya perbedaan rata-rata periode sebelum dan sesudah pengumuman kenaikan BBM. Secara rata-rata, tingkat likuiditas saham pada periode paska pengumuman lebih besar daripada periode sebelum pengumuman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/621/050803380
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Oct 2008 11:15
Last Modified: 15 Sep 2022 01:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103900
[thumbnail of Yusita Priandari.pdf] Text
Yusita Priandari.pdf

Download (859kB)

Actions (login required)

View Item View Item