Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan Mahasiswa dalam memilih Jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang : Studi Pada Mahasiswa Strata Satu (S1) Jurusan Manajemen di Fa

RiriedSihPanganthi (2008) Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan Mahasiswa dalam memilih Jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang : Studi Pada Mahasiswa Strata Satu (S1) Jurusan Manajemen di Fa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsumen Merupakan komponen sentral pemasaran. Pemahaman yang tepat mengenai perilaku konsumen sangat dibutuhkan bagi kesuksesan program pemasaran.Masalahnya ialah bagaimana mengetahui perilaku tersebut, sebagai landasan untuk mengambil keputusan pemasaran yang tepat sebagai responden. Faktor Psikologis yang terdiri dari variabel motivasi, persepsi, pembelajaran serta keyakinan dan sikap merupakan variabel-variabel yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dan kesemuanya merupakan faktor individual yang bersifat psikologis atau kejiwaan.Keputusan pembelian adalah kumpulan keputusan-keputusan yang berhubungan dengan pembelian aktual suatu produk atau jasa. Tujuan studi ini secara empiris adalah untuk mengetahui pengaruh Faktor Psikologis yang terdiri dari variabel motivasi, persepsi, pembelajaran serta keyakinan dan sikap terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang, serta variabel bebas manakah yang berpengaruh dominan terhadap variabel terikat. Dari hasil telaah kepustakaan, diambil asumsi dasar bahwa variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, serta keyakinan sikap mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih Jurusan Manajemen. Hipotesa yang diuji adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keempat variabel bebas terhadap keputusan pembelian secara simultan dan parsial, serta variabel motivasi merupakan variabel bebas yang dominan pengaruhnya terhadap variabel terikat. Penelitian ini merupakan penelitian pemasaran yang menggunakan pendekatan penelitian penjelasan. Sedangkan dilihat dari wilayah sumber dan subyek penelitian maka penelitian ini merupakan penelitian populasi, untuk analisisnya, digunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian empiris menunjukkan bahwa hipotesis terbukti kebenarannya, yaitu Faktor Psikologis yang terdiri dari variabel motivasi, persepsi, pembelajaran serta keyakinan dan sikap berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Jurusan Manajemen baik secara simultan maupun parsial, serta variabel motivasi merupakan variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap variabel terikat. Hal ini menunjukkan bahwa keputusan mahasiswa dalam memilih Jurusan Manajemen ini sangat dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas, serta motivasi konsumen berperan dominan dalam menentukan keputusan mahasiswa dalam memilih Jurusan Manajemen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/601/050900157
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Feb 2009 09:51
Last Modified: 21 Oct 2021 10:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103883
[thumbnail of 050900157.pdf]
Preview
Text
050900157.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item