Studi Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Banyuwangi (Studi Kasus:Desa Aliyan, Kaligung, dan Blimbingsari Kec. Rogojampi Kab. Banyuwangi).

YurisWijayanti (2008) Studi Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Banyuwangi (Studi Kasus:Desa Aliyan, Kaligung, dan Blimbingsari Kec. Rogojampi Kab. Banyuwangi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemiskinan di Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini meneilti tiga desa, dimana tiga desa tersebut memiliki tipologi dan mata pencaharian yang berbeda. Desa tersebut diantaranya : Desa Aliyan yang merupakan desa pada dataran tinggi atau pertanian , Desa Kaligung pada dataran rendah atau sawah dan Desa Blimbingsari pada daerah pantai. Dalam menganalisis faktor-faktor yang mempengaruh tingkat kemiskinan di Kabupaten Banyuwangi tersebut, digunakan analisa metode deskriptif dimana untuk mendapatkan informasi melalui responden dengan cara penilaian karakteristik desa, wawancara, dan observasi. Dengan metode ini diharapkan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemiskinan dapat diketahui pengaruhnya dari suatu fenomena yang ada di masyarakat pada ketiga desa tersebut. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa pengaruh yang menyebabkan kemiskinan di ketiga desa tersebut dilihat dari segi Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, Ekonomi, Sosial Budaya, dan Sarana Prasarana. Dengan penjelasan, sebagai berikut: Desa Aliyan memiliki pertanian cukup luas dengan debit air yang sedikit, rata-rata pendapatan penduduk Rp. 600.000 per bulan per rumah tangga. Untuk SDM, tingkat pendidikan rendah, dan hanya mempunyai skiil bertani. Desa kaligung pada lahan pertaniannya juga bermasalah pada debit air yang sedikit, untuk pemukiman rumah banyak yang ditembok dan kondisi jalan yang kurang bagus. Untuk SDM, memiliki tingkat pendidikan yang rendah dibanding dua desa lainnya, karena beranggapan bahwa ini ”hidup yang penting kaya bukan pintar” . Dan untuk Desa Blimbingsari, mata pencaharian sebagian nelayan tidak mempunyai penghasilan yang tetap karena keberadaan nelayan sangat bergantung pada musim dan kondisi laut, struktur tanah disekitar pantai adalah tanan tegalan. Untuk SDM, keinginan dalam mengenyam pendidikan cukup antusias, hanya karena keterbatasan ekonomi membuat tingkat pendidikan rendah. Untuk itu pemerintah memberikan program-program pengentasan kemiskinan diantaranya pada Desa Aliyan, ada PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) berupa dana simpan pinjam yang dari masyarakat itu sendiri dianggap lain bukan untuk modal, tetapi untuk dana hibah. Di Desa Kaligung ada Program Gerdu Taskin (Gerakan Terpadu Pengentasan Kemiskinan), seperti Plesterisasi, Papanisasi, dan Pengadaan Air Bersih. Sedangkan di Desa Blimbingsari, Program Gerdu Taskin dialokasikan untuk rehab rumah terutama rumah tangga miskin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/596/050800124
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Jan 2009 09:00
Last Modified: 21 Oct 2021 10:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103879
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of abstraksi.pdf]
Preview
Text
abstraksi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Tabel_4.pdf]
Preview
Text
Tabel_4.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item