Analisis Perpindahan Merek (Brand Switching) Pada Pemakai Kartu Perdana Prabayar GSM : Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang.

SasTriyanto (2008) Analisis Perpindahan Merek (Brand Switching) Pada Pemakai Kartu Perdana Prabayar GSM : Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada industri jasa operator telepon seluler GSM prabayar, loyalitas konsumen memegang peran utama dalam usaha mempertahankan konsumen, meningkatnya persaingan dalam industri jasa operator seluler GSM prabayar menjadikan konsumen sering berganti layanan operator telepon seluler. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kecenderungan mahasiswa Universitas Brawijaya dalam berganti merek kartu perdana Mengetahu hal-hal apa saja yang dijadikan alasan mahasiswa Universitas Brawijaya ketika berganti merek kartu perdana prabayar GSM. Mengetahui hal-hal apa saja yang dijadikan alasan mahasiswa Universitas Brawijaya memilih merek kartu perdana parabayar GSM sebagai penyedia jasa komunikasi. Mengetahui bagaimana perpindahan suatu merek kartu perdana ke merek lainnya. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Brawijaya Malang dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis desikriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Penelitian ini diawali dengan menelaah terhadap konsep-konsep teoritik dan hasil penelitianpenelitian terdahulu. Variabel yang digunakan adalah Pengalaman Masa Lalu ( prior experience ), Merek, Promosi, Kepuasan Konsumen, Brand Switching dan Loyalitas Hasil dari penelitian ini adalah Tarif yang murah baik tarif SMS maupun telepon menyebabkan responden berganti kartu perdana untuk sementara. Sedangkan responden yang berganti kartu yang digunakan secara tetap adalah Alasan-alasan lain yang menyebabkan respoden berganti kartu perdana adalah layanan, responden yang berganti kartu perdana karena layanan yang tidak memuaskan banyak terjadi pada responden ayng berganti kartu perdana dan tidak lagi memakai kartu perdana lama. Hambatan ( switching cost ) untuk berganti merek kartu perdana pada responden yang berganti-ganti kartu perdana dan tidak lagi memakai kartu perdana lama sangatlah rendah oleh sebab itu responen lebih sering berganti-ganti merek kartu perdana. Prosentase perpindahan tertinggi adalah dari kartu perdana Simpati ke kartu perdana IM3. Hal tersebut disebabkan tarif telepon maupun SMS yang dikenakan Simpati dirasa oleh responden terlalu mahal. Prosentase perpindahan tersebsar kedua adalah dari kartu perdana IM3 ke kartu perdana Simpati hal tersebut disebabkan oleh layana IM3 yang kurang memuaskan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/565/050803799
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Jan 2009 14:39
Last Modified: 21 Oct 2021 09:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103843
[thumbnail of 050803799.pdf]
Preview
Text
050803799.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item