Pengaruh komponen laporan arus kas, laba kotor, size perusahaan, dan Debt to Equity Ratio terhadap Return Saham : studi pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ).

DyahHelmiY (2008) Pengaruh komponen laporan arus kas, laba kotor, size perusahaan, dan Debt to Equity Ratio terhadap Return Saham : studi pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komponen laporan arus kas, laba kotor, size perusahaan, dan debt to equity ratio terhadap return saham. Sampel perusahaan dalam penelitian ini terdiri atas 82 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) yang terdaftar selama 2004-2005. Sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling . Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda yaitu uji secara parsial (uji t) dan uji secara serempak (uji F) untuk mengetahui hubungan antara komponen laporan arus kas, laba kotor, size perusahaan, dan debt to equity ratio terhadap return saham. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa arus kas dari aktivitas pendanaan dan laba kotor mempunyai pengaruh terhadap return saham, sedangkan arus kas dari aktivitas operasi dan investasi, size perusahaan, dan debt to equity ratio tidak memberikan pengaruh pada return . Hal ini mengindikasikan bahwa arus kas dari aktivitas pendanaan dan laba kotor dapat dipakai sebagai pertimbangan bagi investor dalam pengambilan keputusan berinvestasi. Hasil uji F menunjukkan bahwa komponen laporan arus kas, laba kotor, size perusahaan, dan debt to equity ratio berpengaruh terhadap return saham secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/553/050803761
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Dec 2008 11:53
Last Modified: 21 Oct 2021 09:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103829
[thumbnail of 050803761.pdf]
Preview
Text
050803761.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item