MaryzaSuryaAndari (2008) Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja pada Pelaku Usaha Bakso di Wilayah Malang Raya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel orientasi pasar terhadap kinerja pada pelaku usaha bakso di wilayah Malang Raya. Variabel orientasi pasar terdiri dari pengumpulan intelejensi pasar, penyebaran intelejen pasar, dan tanggapan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner sebagai sumber data primer, kemudian data tersebut diolah menggunakan SPSS 13.0. Hubungan antara orientasi pasar dan kinerja diukur menggunakan alat uji analasis data yang terdiri dari : uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik F, uji statistik t, uji asumsi multikolinieritas, uji asumsi heteroskedastisitas , dan uji normalitas. Sedangkan alat analisis data menggunakan regresi berganda. Populasi pelaku usaha bakso di wilayah Malang Raya tidak dapat diketahui secara pasti dan tidak terhitung ( infinite ), sedangkan sampel yang diambil sejumlah 35 pelaku usaha bakso dengan metode judgement sampling . Dari hasil uji simultan (uji statistik F) pada penelitian ini bisa dilihat bahwa F hitung (6,355) lebih besar daripada F tabel (2,92). Pada uji parsial (uji statistik t) dapat diketahui nilai t hitung penyebaran intelejen pasar (1,656) lebih kecil daripada t tabel (2,04), sedangkan hanya variabel pengumpulan intelejensi pasar (t hitung = 2,123) dan tanggapan (t hitung = 2,504) yang memiliki memiliki nilai t hitung lebih besar dari t tabel . Variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap variabel kinerja adalah variabel tanggapan dengan angka Beta tertinggi sebesar 0,359. Dapat disimpulkan bahwa variabel orientasi pasar yang terdiri dari pengumpulan intelejensi pasar, penyebaran intelejen pasar, dan tanggapan secara simultan berpengaruh terhadap kinerja. Namun, hanya variabel pengumpulan intelejensi pasar dan tanggapan yang memiliki pengaruh secara parsial terhadap kinerja. Variabel yang memiliki peranan dominan dalam meningkatkan kinerja perusahaan adalah variabel tanggapan. Diharapkan dengan melakukan orientasi pasar, pelaku usaha bakso dapat meningkatkan kinerja usaha secara optimal.Kinerja dapat diukur dengan fungsi-fungsi organisasi meliputi : keuangan,pemasaran, produk, dan sumber daya manusia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2008/542/050803675 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 16 Dec 2008 10:34 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 08:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103819 |
Text
050803675.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |