Pengaruh Kualitas Audit, Audit Fee, Perubahan CEO, Reputasi Klien serta Kesulitan Keuangan Klien Terhadap Fenomena Auditor Changes.

AstriYaniSyafputri (2008) Pengaruh Kualitas Audit, Audit Fee, Perubahan CEO, Reputasi Klien serta Kesulitan Keuangan Klien Terhadap Fenomena Auditor Changes. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya auditor changes pada perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menguji lima variabel yang diduga berpengaruh terhadap auditor changes. Kelima variabel tersebut adalah kualitas audit, audit fee, perubahan CEO, reputasi klien, dan kesulitan keuangan klien. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2000 sampai dengan tahun 2006. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 63 perusahaan dalam satu tahun sehingga total sampel dalam penelitian ini berjumlah 441 sampel. Sampel tersebut dipilih dengan menggunakan metode Stratified Random Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan yang telah diaudit oleh masing-masing perusahaan sampel. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil regresi logistik menunjukkan bahwa kualitas audit, audit fee, dan perubahan CEO memiliki pengaruh yang signifikan terhadap auditor changes , sedangkan reputasi klien serta kesulitan keuangan klien tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap auditor changes. Hal ini berarti bahwa auditor changes dipengaruhi oleh kualitas audit, audit fee, dan perubahan CEO, dan tidak dipengaruhi oleh reputasi serta kesulitan keuangan klien. Secara umum, pengaruh variabel-variabel tersebut terhadap auditor changes hanya sebesar 19,3%, yang menandakan bahwa keputusan klien melakukan auditor changes dipengaruhi oleh banyak faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/539/050803672
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Dec 2008 10:15
Last Modified: 21 Oct 2021 08:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103815
[thumbnail of 050803672.pdf]
Preview
Text
050803672.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item