Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Minuman Mizone Pada PT. Tirta Investama, Pandaan : Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.

IMadeDwidjaAdnyana (2008) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Minuman Mizone Pada PT. Tirta Investama, Pandaan : Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan pengaruh secara parsial antara variabel atribut produk dengan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian ekplanatori, dimana penelitian ini dirancang untuk menjelaskan hubungan kausal yang terjadi antara variabel-variabel atribut produk minuman Mizone dengan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini terdiri dari empat variabel bebas (X) yaitu variabel merek (X1), variabel mutu produk (X2), variabel kemasan (X3), dan variabel label (X4), dan satu variabel terikat yaitu variabel keputusan pembelian konsumen (Y). Untuk menentukan jumlah responden, peneliti menggunakan rumus Slovin dengan jumlah 97 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling . Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, uji F, dan uji t. Dari hasil regresi berganda, uji F, dan uji t dapat diketahui bahwa keempat variabel yaitu merek (X1), mutu produk (X2), kemasan (X3), dan label (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dari hasil analisis, diketahui bahwa variabel mutu produk (X2) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan penelitian ini diketahui variabel keputusan pembelian konsumen (Y) dijelaskan oleh variabel atribut produk yang terdiri dari merek (X1), mutu produk (X2), kemasan (X3), dan label (X4) sebesar 63,6 %, sedangkan sisanya sebesar 36,4 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel bebas yang diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/538/050803671
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Dec 2008 10:02
Last Modified: 21 Oct 2021 08:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103814
[thumbnail of 050803671.pdf]
Preview
Text
050803671.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item