Proses Pengambilan Keputusan Subscriber untuk Berwisata Berdasarkan Karakteristik Konten Promosi Pariwisata Dunia pada Vlog Arief Muhammad

Nakhlah, Nalan (2018) Proses Pengambilan Keputusan Subscriber untuk Berwisata Berdasarkan Karakteristik Konten Promosi Pariwisata Dunia pada Vlog Arief Muhammad. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Vlog merupakan salah satu bentuk dari media baru yang berisi kegiatan sehari-hari, ketertarikan, pengalaman, maupun kegiatan beropini dari pembuat vlog yang disebut vlogger. Media berbasis internet ini digunakan untuk berkomunikasi, salah satunya untuk mencari opini orang lain tentang suatu produk atau jasa. Travel-VLOGGG merupakan kategori konten pariwisata yang ada pada vlog milik Arief Muhammad. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui gambaran fenomena vlog Arief Muhammad dan proses pengambilan keputusan subscriber untuk berwisata, serta menjelaskan secara mendalam tentang terjadinya proses pengambilan keputusan yang dialami oleh subscriber untuk berwisata tersebut. Penelitian ini menggunakan model sequential explanatory design milik Creswell dengan penelitian diawali menggunakan metode kuantitatif, kemudian dilanjutkan dengan metode kualitatif. Dalam metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada objek penelitian berjumlah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik sampling random sederhana. Berdasarkan data yang diperoleh, ditemukan hasil berupa gambaran fenomena vlog Arief Muhammad, berupa data kecenderungan responden untuk menyetujui konten vlog dan data kecenderungan mengalami proses pengambilan keputusan untuk berwisata yang dirasakan oleh subscriber channel YouTube tersebut. Selanjutnya, proses pengambilan keputusan yang dialami oleh subscriber untuk berwisata dijelaskan secara lebih dalam melalui metode kualitatif. Dalam metode kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap empat orang informan ditetapkan sebagai subjek penelitian dengan menggunakan teknik sampling purposif. Berdasarkan hasil temuan data di lapangan, ditemukan fakta bahwa terdapat peranan Travel-VLOGGG sebagai alat promosi pariwisata ditentukan oleh kemampuan berinteraksi dan kemampuan bereaksi vlogger yang dianggap jujur dalam menyampaikan pesan. Penelitian ini memberikan gambaran model proses pengambilan keputusan subscriber untuk berwisata yang dimulai dari proses seseorang menjadi subscriber, berbagai aktivitas yang dilakukan oleh subscriber hingga munculnya kecenderungan dari subscriber untuk berwisata, serta faktor pendorong dan penghambat yang dirasakan oleh subscriber.

English Abstract

Vlog is a form of new media containing daily activities, interests, experiences, or even a place to share opinions from vlog maker called Vlogger. This kind of internet based media is functioned to communicate, particularly for seeking opinions about certain product and service. Travel-VLOGGG is a category of tourism content vlog that is owned by Arief Muhammad. This study aimed to determine the picture of Arief Muhammad’s vlog phenomenon and also to explain the decision making process from the subscriber to actually go travel. This study will also explain in big detail about how that process of making decision happens. This research used sequential explanatory design model from Creswell. In quantitative methods, data were obtained by using questionnaire that was distributed to the research object in total 100 respondents selected by simple random sampling technique. Based on the data analysis, in Arief Muhammad’s vlog phenomenon, the result showed the “tendency of respondents to approve vlog content” data and “tendency to experience the decision-making process of subscriber to travel” data. Futhermore, the decision making process to travel that passed by the subscriber was explained through qualitative methods. In qualitative methods, data were obtained by doing in-depth interview to four informants as the research subjects that was selected by using purposive sampling technique. Based on the data finding and analysis, it was found that the role of Travel-VLOGGG as a tourism promotion tool was determined by vlogger’s interaction and reaction ability which was considered as honest person on delivering the messages. This study provided an overview of the subscriber decision-making process model to travel started from process to be a subscriber, various activities did by the subscriber to emergence the tendency to travel, and the propelling and inhibiting factors perceived by the subscriber.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/185/051803070
Uncontrolled Keywords: Promosi pariwisata, Vlog, Perilaku Konsumen, Proses Pengambilan Keputusan Konsumen, Subscriber.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 May 2018 03:22
Last Modified: 21 Oct 2021 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10381
[thumbnail of LAPORAN SKRIPSI NALAN NAKHLAH.pdf]
Preview
Text
LAPORAN SKRIPSI NALAN NAKHLAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item