Analisa Variabel Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Deodorant Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.

AjiPrabowo (2008) Analisa Variabel Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Deodorant Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penentuan variabel penelitian ini mengenai bauran pemasaran dan satu variabel terikat (keputusan pembelian Y). variabel-variabel bebas tersebut adalah variabel produk yang atributnya adalah merek, kemasan, jenis, pelabelan: variabel harga yang atributnya adalah penetapan harga dan harga pesaing: variabel promosi yang atributnya adalah iklan dan promosi penjualan: variabel distribusi yang atributnya adalah lokasi pembelian dan penyalurannya. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang dengan mengambil obyek mahasiswa jurusan manajemen yang pernah melakukan pembelian dan sekaligus mempergunakan produk deodorant. Tujuan dari diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran yang mempunyai pengaruh simultan dan parsial terhadap keputusan mahasiswa dalam melakukan pembelian deodorant dan untuk menganalisi variabel bauran pemasaran yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan mahasiswa dalam melakukan pembelian deodorant. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan teknik wawancara dan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen. Untuk menentukan jumlah sample, peneliti menggunakan rumus Slovin. Pada penelitian kali ini, dapat diketahui bahwa : 1) Variabel bauran pemasaran (produk, harga, promosi dan distribusi) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. 2) Variabel bauran pemasaran berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian deodorant yaitu produk sebesar 0,235, harga sebesar 0,248, promosi sebesar 0,302 dan distribusi sebesar 0,228. 3) Variabel promosi mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian deodorant. Dari hasil penelitian disarankan bahwa perusahaan dalam melakukan inovasi produk benar-benar memperhatikan bauran pemasaran. Selain itu juga dari penelitian diketahui bahwa promosi paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, dengan demikian perusahaan perlu melaksanakan bauran promosi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/532/050803614
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Dec 2008 10:57
Last Modified: 21 Oct 2021 08:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103808
[thumbnail of 050803614.pdf] Text
050803614.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item