Pengaruh Aplikasi Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak (SISMIOP) Terhadap Efektivitas Administrasi Pajak Bumi & Bangunan (PBB) dan Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi & Bangunan (PBB) di Kantor Pela

DwiPutriNurulR (2008) Pengaruh Aplikasi Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak (SISMIOP) Terhadap Efektivitas Administrasi Pajak Bumi & Bangunan (PBB) dan Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi & Bangunan (PBB) di Kantor Pela. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan SISMIOP terhadap efektivitas penerimaan PBB melalui variabel perantara ( intervening ) efektivitas administrasi PBB, serta untuk mengetahui apakah penerimaan PBB pada KPP Pratama Malang Selatan selama lima tahun terakhir (tahun 2004-2008) dapat ditingkatkan. Penelitian ini dilakukan pada 84 responden, yang merupakan karyawan KPP Pratama Malang Selatan yang dalam aktivitas kerjanya menggunakan SISMIOP. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dengan uji F dan uji T, serta menghitung besarnya pengaruh dari variabel perantara. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) SISMIOP terbukti berpengaruh terhadap efektivitas penerapan administrasi PBB. (2) Secara simultan dan parsial, penerapan SISMIOP dan efektivitas administrasi PBB berpengaruh signifikan terhadap perubahan efektivitas penerimaan PBB. Dan hasil ini sesuai dengan terjadinya peningkatan efektivitas penerimaan PBB terutama dari tahun 2004-2006. (3) Variabel efektivitas administrasi PBB yang berpengaruh lebih dominan dibandingkan penerapan SISMIOP. (4) Analisis efektivitas penerimaan PBB dan pertumbuhan PBB menunjukkan bahwa penerimaan PBB dapat ditingkatkan dan semakin efektif, walaupun pada tahun 2007 efektivitas penerimaan mengalami sedikit penurunan. (5) Dalam penelitian ini juga dapat ditemukan adanya pengaruh positif antara variabel penerapan SISMIOP dan variabel perantara efektivitas administrasi PBB terhadap efektivitas penerimaan PBB. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi KPP Pratama Malang Selatan pada khususnya dan Dirjen Pajak pada umumnya dalam mengadopsi SISMIOP untuk meningkatkan efektivitas administrasi PBB dan efektivitas penerimaan PBB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/525/050803575
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Nov 2008 11:57
Last Modified: 21 Oct 2021 08:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103800
[thumbnail of 050803575.pdf]
Preview
Text
050803575.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item